Sukses

Kasus Omicron Pertama di RI Tertular WNI yang Tiba dari Nigeria, Terbukti Kasus Impor

N tertular varian Omicron COVID-19 dari wanita yang datang dari Nigeria pada 27 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan penelusuran diketahui petugas kebersihan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran berinisial N terinfeksi varian Omicron dari pelaku perjalanan luar negeri. N tertular varian Omicron COVID-19 dari wanita warga negara Indonesia yang datang dari Nigeria pada 27 November 2021.

Selain itu, dua WNI yang datang dari Inggris dan Amerika Selatan juga terkonfirmasi terpapar varian Omicron lewat pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS). 

"Sudah terbukti, semua kasus di Indonesia adalah imported case. Kasus dari luar negeri," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Senin, 20 Desember 2021.

Budi mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada penularan Omicron di komunitas. Hal ini berkat penemuan kasus terjadi saat mereka menjalani karantina.

 

2 dari 3 halaman

Pengetatan Pintu Kedatangan dari Luar Negeri

Melihat kasus Omicron yang sudah ada di Indonesia, maka dilakukan pengetatan pintu masuk kedatangan dari luar negeri. Mereka yang datang dari luar negeri harus menjalani karantina sesuai ketentuan yang ada.

Lalu, data Kementerian Kesehatan juga menunjukkan angka positivity rate pada pintu masuk laut dan darat lebih tinggi dari udara.

"Oleh karena itu bakal bekerja sama dengan POLRI, Kemendagri dan pihak terkait dalam memperkuat surveilans di pintu masuk darat dan laut," kata Budi.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona