Sukses

400 Ribu Obat COVID-19 Molnupiravir Sudah Tiba di RI

Obat antivirus untuk COVID-19 Molnupiravir sudah tiba di RI sebanyak 400 ribu tablet.

Liputan6.com, Jakarta Sore ini, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa sebanyak 400 ribu obat COVID-19 Molnupiravir telah tiba di Indonesia.

"Sebagai informasi, 400 ribu tablet Molnupiravir yaitu obat antivirus yang baru dari Merck sudah tiba di Indonesia dan sudah siap digunakan," ujar Budi dalam keterangan pers Evaluasi PPKM pada Senin, (10/1/2022).

Seminggu sebelumnya, Budi juga mengungkapkan bahwa menyiapkan obat Molnupiravir menjadi salah satu persiapan pemerintah untuk bisa mengurangi laju pasien di rumah sakit.

Selain menyiapkan stok Molnupiravir, Kemenkes juga menyiapkan tempat tidur dan oksigen. Sekitar 120 ribu tempat tidur akan disiapkan untuk COVID-19. Sedangkan sekitar 16 ribu oksigen konsentrator juga telah didatangkan ke Indonesia.

"Sekarang persiapan yang dilakukan, kita sejak puncak Juli kemarin sudah mendatangkan 16 ribu oksigen konsentrator," kata Budi dalam keterangan pers pada Senin, 3 Januari 2022 lalu.

"Sudah kita kirim ke seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia terutama yang akses oksigennya susah," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Gelombang Omicron

Dalam kesempatan yang sama, Budi juga mengingatkan bahwa Indonesia akan mengalami gelombang baru yang disebabkan oleh varian Omicron.

Namun, ia pun mengungkapkan bahwa tidak perlu panik dalam menghadapi situasi ini.

"Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini. Tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik, dan pengalaman menunjukkan walaupun naiknya cepat, tapi gelombang Omicron ini juga turunnya pun cepat," kata Budi.

"Sehingga yang penting jangan lupa jaga prokes, disiplin juga melakukan surveillance, dan yang paling penting percepat vaksinasi rekan-rekan kita, keluarga kita yang belum mendapatkan vaksinasi," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.
    Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

    covid update

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Obat Covid-19

  • Molnupiravir