Sukses

Kabar Baik, Ari Lasso Bersih dari Sel Kanker dan Melanjutkan Pemulihan di Rumah

Kabar baik datang dari penyani senior Ari Lasso. Pelantun “Penjaga Hati” dinyatakan bersih dari sel kanker setelah 6 bulan berjuang melawan kanker limfoma.

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik datang dari penyani senior Ari Lasso. Pelantun “Penjaga Hati” dinyatakan bersih dari sel kanker setelah 6 bulan berjuang melawan kanker limfoma.

Terlihat dari unggahan Instagram-nya, ia sudah dapat berjalan dengan baik dan hendak meninggalkan rumah sakit tanpa menggunakan kursi roda.

“Kita pulang ya, pertama kali keluar rumah sakit enggak pakai kursi roda,” katanya dalam video singkat dikutip Selasa (8/2/2022).

Istri Ari Lasso, Vita Dessy sebelumnya menyampaikan bahwa suaminya sudah bersih dari sel kanker setelah scan. "Kami semua keluarga, aku, anak-anak, optimis papanya bisa sembuh. Puji Tuhan kemarin PET (Positron Emission Tomography) scan terakhir sudah bersih sebenarnya," ujar Vita Dessy, seperti dimuat dalam tayangan Insert Pagi, Senin (7/2/2022).

"Sudah tak ada metastase, enggak ada. Sel-sel kanker yang itu sudah enggak ada semua," ujar Vita melanjutkan, dikutip Showbiz-liputan6.com.

Penyanyi yang identik dengan rambut panjang ini juga mengatakan bahwa ia akan melanjutkan pemulihan di rumah.

“Pulang aahh.. lanjut recover di rumah. Makasih doa-doanya. It means a lot,” tambahnya dalam keterangan video.

Kesembuhan Ari Lasso membuktikan bahwa kata-kata mutiara yang sempat ia unggah pada 31 Januari 2022 benar adanya. Ia mengatakan bahwa pejuang kanker harus terus berjuang dan jangan hilang harapan karena selalu ada harapan.

“Untuk teman-teman yang masih terus berjuang.. jangan pernah kehilangan harapan.. semangat.. selalu ada harapan,” tulis Ari.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kena Kanker Limfoma

Sebelumnya, Ari Lasso mengatakan bahwa ia didiagnosis mengidap kanker limfoma langka. Dalam istilah medis ia mengalami penyakit diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL).

"Cancer ini sangat langka. Orang biasanya yang terkena kanker limfoma itu getah bening kan benjol-benjol, di sini bagian leher, ketiak. Lalu sering pingsan, sel darah putih sedikit, anemia yang kemudian menimbulkan kerusakan limpa," kata Ari saat berbincang di YouTube Deddy Corbuzier pada September 2021.

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada dirinya. Ia merasakan sakit di bagian perut tapi tidak familiar dengan rasa sakit tersebut. Setelah menjalani pemeriksaan dan scanning diketahui bahwa ada massa padat di limpa.

Ari Lasso pun sudah menjalani operasi besar untuk mengangkat sel kanker sebesar kepalan tangan yang ada di limpanya. Selanjutnya, ia juga menjalani PET Scan untuk mengetahui ada atau tidaknya penyebaran sel-sel kanker ke bagian lain.

"Namun, kalau tidak ada penyebaran tetap harus kemo sih," katanya.

3 dari 4 halaman

Yakin Akan Sembuh

Keyakinan bahwa dirinya akan sembuh sudah dimiliki sejak masa awal penyakit tersebut terdiagnosis.

Maka dari itu, Ari merasa tidak perlu meratapi kondisinya saat itu. Ia pun sudah mencari tahu bahwa kanker yang dideritanya bisa diobati. Sehingga tak ada alasan baginya untuk meratapi keadaan tersebut.

"Cancer ini ya diterima sebagai ujian dari Tuhan, yang pasti gue bisa laluin," katanya.

Selain mengikuti saran dokter dan melakukan serangkaian perawatan medis, ia juga yakin bahwa akan sembuh.

"Keyakinan ini kan yang akan menjadi kenyataan," katanya.

4 dari 4 halaman

Infografis: Redam Kanker dengan Cukai Rokok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.