Sukses

Viral PPLN Membeludak di Bandara Soetta, Pemerintah Tambah Fasilitas Tes PCR

Pemerintah menambah fasilitas tes PCR di pintu kedatangan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menindaklanjuti kabar viral Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang membeludak di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, pemerintah telah menambah fasilitas tes PCR. Kejadian viral antrean PPLN untuk tes PCR terjadi di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soetta pada Minggu, 27 Maret 2022 malam.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, penambahan sejumlah fasilitas tes PCR demi meredam tidak terjadinya antrean panjang PPLN yang testing. Seperti diketahui, aturan perjalanan terbaru, PPLN yang sudah vaksinasi dosis lengkap dan booster bebas karantina, tapi tetap wajib tes PCR ulang saat kedatangan.

"Pemerintah telah mengevaluasi adanya temuan-temuan di lapangan terkait penanganan COVID-19, khususnya di Bandara Soekarno-Hatta, dengan segera berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga," ujar Wiku menjawab pertanyaan Health Liputan6.com di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, pada Selasa, 29 Maret 2022.

"Upaya yang dilakukan dengan menambah fasilitas PCR di pintu kedatangan yang diawasi langsung oleh Satgas COVID-19 Pusat dan menyediakan counter untuk memudahkan sistem pembayaran PCR di tempat."

Pemerintah bersepakat ke depannya membuat kebijakan yang efektif, sehingga mobilisasi pelaku perjalanan berlangsung tetap aman dan nyaman. Selain penambahan fasilitas tes PCR di bandara, opsi lain juga menambah lokasi testing di pusat karantina dan hotel.

"Tentunya, pemerintah berupaya memodifikasi waktu kedatangan dan terminal tujuan, terutama di Bandara Soekarno-Hatta agar mobilitas pelaku perjalanan nyaman," terang Wiku.

"Selain itu, Pemerintah juga memberikan opsi lokasi lain untuk testing demi meminimalisasi kerumunan, misalnya, Pekerja Migran di RSDC Wisma Atlet atau PPLN lainnya di hotel tujuan (yang jadi lokasi menginap) menetapnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambahan Lokasi Tes PCR di Area Kedatangan dan Selasar

PT Angkasa Pura II buka suara terkait antrean PPLN yang tes PCR di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soetta. Diakui PPLN yang tiba juga kian meningkat seiring tidak lagi diwajibkannya karantina.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengakui, bahwa jumlah penumpang pesawat yang baru pulang dari perjalanan luar negeri memang dalam beberapa hari ini terjadi peningkatan. Hal itu belum maksimal ditangani dengan baik oleh pihak AP II selaku operator Bandara Soetta.

"Untuk mengatasi kejadian tersebut tidak terulang kembali, stakeholder Bandara Soekarno-Hatta menyepakati bahwa mulai hari ini, 28 Maret 2022, lokasi tes RT-PCR bagi PPLN akan ditambah di curbside (selasar) di area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan Bea Cukai," ujar Agus dalam keterangan pers yang disampaikan pihak PT Angkasa Pura II, Senin (28/3/2022) malam.

Pihak PT AP II akan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyiapkan area tes RT-PCR bagi penumpang pesawat PPLN.

"Stakeholder antara lain AP II dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 telah berkoordinasi, mulai 28 Maret terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3," tambah Agus.

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Perjalanan Domestik Bebas Tes Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.