Sukses

Bermanfaat Jaga Imunitas, Berapa Dosis Vitamin C yang Tepat untuk Anak?

Vitamin C berperan penting menjaga imunitas anak tetap kuat.

Liputan6.com, Jakarta - l Vitamin C berperan penting bagi kesehatan anak maupun dewasa. Spesialis Anak dr Reza Pahlevi, Sp.A dari Klikdokter menjelaskan, idealnya kebutuhan vitamin C pada anak-anak adalah 25-50 mg per hari.

"Idealnya, kebutuhan vitamin C harian untuk anak adalah 25-50 mg per hari dan 65-90 mg per hari untuk remaja," kata Reza, dilansir Antara.

Vitamin C berperan penting menjaga imunitas anak tetap kuat. Vitamin ini juga bisa membantu proses pemulihan jadi lebih cepat jika anak terlanjur sakit. Ini karena vitamin C membantu mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Vitamin C bisa didapat dari sayur dan buah yang kaya kandungan vitamin tersebut, atau melalui suplemen. Namun, vitamin ini perlu dikonsumsi secara teratur setiap hari dalam dosis yang dianjurkan, tergantung kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing anak.

 

2 dari 3 halaman

Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin C yakni sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Sementara, makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak tentu perlu ada di setiap konsumsi harian. Meski demikian, mikronutrien yang terdapat pada buah, sayur dan susu seperti vitamin dan mineral pun penting, jelas Reza.

"Selain sayur dan buah, dianjurkan untuk memberikan susu setiap hari kepada anak karena segelas susu mengandung ragam nutrisi baik, seperti protein, serta berbagai vitamin dan mineral," tutur Reza.

 

3 dari 3 halaman

Infografis