Sukses

Studi: Anjing Dapat Mendeteksi Infeksi COVID-19 dengan Akurasi 92 Persen

Sebuah studi dari Finlandia menemukan bahwa anjing dapat mendeteksi virus Corona COVID-19 dengan tingkat akurasi 92 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi dari Finlandia menemukan bahwa anjing dapat mendeteksi virus Corona COVID-19 dengan tingkat akurasi 92 persen.

Ini membuat kemampuan mereka sangat berharga pada tahap awal pandemi baru, ketika pilihan lain tidak tersedia.

Studi itu menyatakan, anjing dapat dilatih dalam beberapa minggu untuk mendeteksi infeksi COVID-19, dengan tingkat akurasi yang sebanding dengan tes usap hidung dan tenggorokan atau swab test.

Empat anjing dilatih untuk mengendus virus pada musim semi 2020 sebagai bagian dari penelitian yang dipimpin oleh University of Helsinki di Finlandia.

Hewan-hewan itu, yang sebelumnya dilatih untuk mendeteksi obat-obatan, barang berbahaya, atau kanker, masing-masing mengendus sampel kulit dari 114 orang yang dites positif virus dan dari 306 orang yang dites negatif.

Hasilnya, mereka mampu mendeteksi virus dengan akurasi 92 persen, menurut penelitian tersebut.

Anjing-anjing itu juga berpartisipasi dalam uji coba di mana mereka mengendus sampel 303 penumpang yang masuk di Bandara Internasional Helsinki-Vantaa antara September 2020 dan April 2021.

Mereka dengan tepat mengidentifikasi sampel negatif dalam 296 dari 300 tes negatif, dan mengidentifikasi tiga kasus positif sebagai negatif.

Ini adalah salah satu dari sejumlah penelitian yang melihat kemampuan anjing untuk mendeteksi COVID-19. Sebelumnya, sebuah klinik di Jerman telah melatih anjing untuk mendeteksi virus dalam air liur manusia, sementara sebuah penelitian di Thailand melatih anjing untuk mendeteksi senyawa organik yang mudah menguap yang disekresikan dalam air liur atau keringat manusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Ditempatkan di Mana Saja

Para ilmuwan mengatakan bahwa menggunakan anjing untuk mengendus virus bisa sangat berharga pada tahap awal pandemi ketika pilihan lain tidak tersedia. Mereka juga dapat membantu menahan pandemi yang ada.

Para peneliti yang menuliskan hasil penelitiannya di BMJ Global Health, mengatakan bahwa anjing dapat digunakan di berbagai tempat. Baik di tempat dengan prevalensi Sars-CoV-2 yang tinggi, seperti rumah sakit (untuk pra-penyaringan pasien dan personel), maupun di tempat dengan prevalensi rendah, seperti bandara atau pelabuhan (untuk penumpang pra-layar).

Namun, anjing-anjing itu kurang berhasil dalam mengidentifikasi varian alfa, karena mereka telah dilatih untuk mendeteksi tipe liar.

"Pengamatan ini luar biasa karena membuktikan kekuatan diskriminatif yang kuat dari anjing pengendus,” kata peneliti mengutip Sky, Rabu (18/5/2022).

"Implikasi yang jelas adalah bahwa sampel pelatihan harus mencakup semua varian yang relevan secara epidemiologis. Pengamatan awal kami menunjukkan bahwa anjing yang diprioritaskan dengan satu jenis virus dalam beberapa jam dapat dilatih ulang untuk mendeteksi variannya."

3 dari 4 halaman

Anjing dan Hepatitis Akut

Berbeda dengan studi di atas, penelitian lainnya tentang anjing tengah menelisik kaitan hewan berkaki empat itu dengan kasus hepatitis akut misterius atau acute hepatitis of unknown aetiology.

Di Inggris, lebih dari 160 kasus telah dicatat dalam wabah saat ini, tetapi alasan peningkatannya tidak jelas.

“Kuesioner keluarga telah menunjukkan jumlah yang relatif tinggi dari keluarga pemilik anjing atau paparan anjing lainnya," kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengutip Sky, Selasa (10/5/2022).

Setidaknya 64 dari 92 kasus dengan data yang tersedia menyebutkan bahwa mereka memelihara anjing.

UKHSA mengatakan 'pentingnya temuan ini sedang dieksplorasi' tetapi itu bisa jadi kebetulan karena kepemilikan anjing adalah hal biasa di Inggris.

Hepatitis adalah peradangan hati dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau kerusakan hati akibat alkohol.

Penyakit kuning (kulit dan mata menguning) dan muntah adalah gejala yang paling umum dalam kasus di Inggris, yang sebagian besar terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun.

4 dari 4 halaman

Tersangka Lainnya

Virus umum yang disebut Adenovirus juga menjadi tersangka lain yang diduga menjadi penyebab lonjakan dan paling sering terdeteksi dalam sampel yang dikumpulkan, kata UKHSA.

Namun, Adenovirus jarang menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sebelumnya sehat. Maka dari itu, para peneliti mencari faktor-faktor penyebab potensial lain. Di antaranya adalah infeksi COVID-19 sebelumnya atau perubahan genom Adenovirus itu sendiri.

Teori lain adalah bahwa penguncian dan jarak sosial mungkin menjadi faktor, karena anak-anak mungkin tidak terpapar infeksi umum yang biasa.

Kebersihan yang baik, termasuk membantu anak kecil mencuci tangan, dapat membantu mencegah infeksi yang dapat menyebabkan hepatitis.

"Penting bagi orangtua untuk mengetahui kemungkinan anak mereka terkena hepatitis sangat rendah," kata Dr Meera Chand, direktur infeksi klinis UKHSA.

"Namun, kami terus mengingatkan semua orang untuk waspada terhadap tanda-tanda hepatitis - terutama penyakit kuning, mencari semburat kuning di bagian putih mata - dan hubungi dokter Anda jika Anda khawatir,” tambahnya.

"Penyelidikan kami terus menunjukkan bahwa ada hubungan dengan Adenovirus dan penelitian kami sekarang menguji hubungan ini dengan ketat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.