Sukses

Jenis Air yang Menjadi Penyebab Kerusakan Rambut Manusia

Pada dasarnya rambut manusia memiliki pelembab alami atau protein yang disebut keratin dan melanin yang memberikan warna pada rambut.

Selama musim dingin seperti sekarang ini, banyak dari kita mengeluh masalah rambut yang tiba-tiba mengalami kerontokan parah dan mengalami kekeringan.

Banyak beramsumsi bahwa penyebab rambut rontok dan kekeringan disebabkan oleh cuaca yang buruk dan bahan kimia yang terdapat pada produk rambut.

Sebenarnya, rambut Anda menjadi rontok dan kering bukan disebabkan karena cuaca yang sedang buruk seperti saat ini atau bahan kimia yang berasal dari produk rambut, melainkan dari air yang membilas rambut Anda sendiri.

Pada dasarnya rambut manusia memiliki pelembab alami atau protein yang disebut keratin dan melanin yang memberikan warna pada rambut.

Seperti dilansir Boldsky, Senin (28/1/2013) ada beberapa jenis air yang dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan rontok :

1. Air klorin

Klorin adalah disinfektan kimia yang ketika ditambahkan ke dalam air dengan jumlah yang tepat tidak akan membuat rambut Anda rusak. Tapi, akan menyebabkan kekeringan pada rambut jika rambut Anda terkena air klorin secara teratur.

Misalnya saja ketika Anda memutuskan untuk berenang. Anda diharapkan untuk senantiasa memakai tutup kepala saat berenang karena di dalam air yang ada di kolam renang, terkandung klorin yang berfungsi untuk menjaga air kolam tetap bersih.

2. Air yang terlalu banyak kapurnya

Air keras yang mengandung magnesium, kalsium, silika dengan jumlah yang cukup tinggi menyebabkan kekeringan, kerusakan dan penipisan pada rambut.

Silika dalam air keras juga dapat menyebabkan ketombe dan mencekik akar rambut sehingga membuat rambut menjadi rontok.

3. Air garam

Kandungan kadar air dalam rambut kita dapat hilang karena air garam. Ini dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh yang juga dapat menyebabkan kerusakan.

Efek dari pengeringan air garam yang tinggi di alam dapat menyebabkan rambut rontok permanen dan juga dapat menyebabkan kebotakan.

4. Air hujan

Karena polusi udara yang cukup tinggi, air hujan meninggalkan rambut menjadi keriting dan kering. Selain itu hujan asam juga dianggap berbahaya untuk kesehatan rambut Anda.

5. Permukaan air

Permukaan air mengandung lebih sedikit mineral dan terkena lingkungan serta pencemaran dapat menyebabkan bakteri mengalami pertumbuhan.

Dengan demikian, klorin dan kapur ditambahkan untuk mengekang bakteri. Namu, karena kedua bahan kimia tersebut memiliki efek pengeringan dapat menyebabkan kekeringan yang semakin besar dan menjadikan rambut rontok.

6. Air tanah

Air tanah berasal dari air hujan yang melewati lapisan bumi dan mengendap di bawah tanah.

Air tanah tinggi mineral seperti zat besi dan magnesium. Mineral ini menyebabkan kekeringan yang berlebihan dan mengurangi kilauan pada rambut. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.