Sukses

Apa Saja Kandungan Vaksin Flu? Begini Penjelasan Para Ahli

Ketika membahas vaksin flu, Anda pasti menemukan banyak informasi berlimpah, bahkan yang mitos hingga informasi klaim yang salah pun ada. Namun pemikiran di baliknya tidak sepenuhnya salah.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membahas vaksin flu, Anda pasti menemukan banyak informasi berlimpah, bahkan yang mitos hingga informasi klaim yang salah pun ada. Namun pemikiran di baliknya tidak sepenuhnya salah.

Dilansir dari Health, misalnya klaim menolak divaksin flu karena takut sakit jika yang disuntikkan adalah virus penyebab flu itu sendiri. Pemikiran ini tidak salah karena vaksin flu itu sendiri mengandung virus influenza, tapi tidak dengan cara yang akan membuat Anda sakit.

"Suntikan flu terbuat dari virus yang terbunuh atau protein yang merupakan bagian dari virus, yang pada dasarnya menipu sistem kekebalan untuk mengembangkan respons, yaitu antibodi untuk 'melawan' virus," jelas Tania Elliott, MD, spesialis penyakit menular di NYU, dikutip dari Health.

Itu artinya, ketika tubuh Anda terkena virus mati atau bagian dari virus, ia (semoga) belajar melawan virus, sehingga jika Anda bertemu dengannya, Anda tidak menjadi sakit, atau Anda tidak menjadi sakit parah seperti yang Anda lakukan tanpa perlindungan.

Namun ia mencatat, penting juga untuk menunjukkan bahwa suntikan flu bukanlah vaksin umum yang sama yang diberikan dari tahun ke tahun. Melainkan setiap tahun ada variasi suntuikan flu yang berbeda karena dipasangkan dengan virus populer yang beredar. "Ada banyak jenis virus influenza, jadi, setiap tahun, para ilmuwan dari seluruh dunia berkumpul untuk mencari tahu jenis virus flu mana yang mungkin beredar tahun itu, dan itulah yang dimasukkan ke dalam vaksin flu," kata Dr.Elliot.

Beberapa tahun membutuhkan lebih banyak penyesuaian daripada yang lain. “Dalam beberapa tahun, hanya satu jenis yang harus diubah; di tempat lain, banyak yang harus diubah,” jelas Sherif Mossad, MD, seorang ahli penyakit menular di Cleveland Clinic, dikutip dari Health.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan vaksin flu

Vaksin influenza tidak hanya mengandung bagian yang tidak aktif atau bagian dari virus flu. Meskipun tidak ada yang menyantumkan secara pasti daftar bahan suntikan flu, mengingat setiap tahunnya komponennya berbeda, ada beberapa komponen yang mungkin Anda temukan di salah satu vaksin flu Anda. Di bawah ini adalah daftar beberapa komponen dari banyak suntikan flu.

1. Protein telur

Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang dengan alergi telur tidak boleh mendapatkan vaksin flu. Alasan di balik pemikiran itu adalah bahwa protein telur ditemukan dalam beberapa suntikan flu.

Memang benar bahwa ada protein telur dalam banyak suntikan flu, karena banyak vaksin flu dibuat dari telur ayam, memiliki alergi telur tidak berarti Anda tidak boleh mendapatkan suntikan flu. Faktanya, CDC telah mengatakan bahwa alergi telur tidak boleh menghalangi siapa pun untuk mendapatkan suntikan flu karena jumlah protein telur yang ditemukan dalam suntikan sangat rendah sehingga tidak akan menyebabkan reaksi alergi, jelas Waleed Javaid, MD, direktur pencegahan dan pengendalian infeksi di Mount Sinai Downtown di New York, dikutip dari Health.

Sehingga bagi Anda yang memiliki alergi telur, pastikan dengan dokter Anda tentang kandungan vaksin sudah bebas telur.

 

3 dari 5 halaman

2. Pengawet

Pengawet, seperti formaldehida, dimasukkan ke dalam beberapa vaksin untuk menjaga campuran agar tidak terkontaminasi. Dr. Javaid menjelaskan bahwa, meskipun masuk akal untuk khawatir ketika Anda mendengar bahwa zat seperti formaldehida ada dalam sesuatu yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, penting untuk mengingat gambaran besarnya. Yakni, ukuran suntikan flu: 0,5 mililiter. Jumlah formaldehida dalam suntikan flu tidak cukup untuk menyakiti Anda.

Meskipun formaldehida bisa berbahaya jika Anda, misalnya, mencoba meminumnya secangkir, itu tidak asing bagi tubuh Anda seperti yang Anda kira: saluran pencernaan Anda memproduksinya. Jika Anda masih khawatir, Dr. Javaid mengatakan ada pilihan bebas pengawet yang tersedia berdasarkan permintaan.

 

4 dari 5 halaman

3. Ajuvan

Ajuvan dalam beberapa suntikan flu untuk mendapatkan respon imun yang lebih kuat terhadap virus influenza. Dengan kata lain, untuk membantu tubuh Anda menghindari flu dengan lebih baik, jika Anda bersentuhan dengannya.

Satu ajuvan yang digunakan dalam suntikan flu yang disediakan untuk musim 2020-2021 disebut MF59. MF59 terbuat dari squalene, zat yang secara alami ditemukan pada manusia dan hewan dan dapat membantu sistem kekebalan Anda lebih siap untuk melawan flu. Contoh lain dari bahan pembantu yang ditambahkan ke beberapa vaksin menurut CDC adalah garam aluminium.

 

5 dari 5 halaman

4. Stabilisator

Ini ditambahkan ke vaksin agar tetap kuat saat diangkut ke kantor dokter dan apotek dan disimpan. Contoh stabilisator yang digunakan dalam vaksinasi menurut CDC adalah gula dan gelatin.

5. Antibiotik

Mendengar antibiotik mungkin mengingatkan Anda tentang membunuh infeksi bakteri, sehingga fakta bahwa antibiotik ada dalam vaksin flu masuk akal. “Antibiotik ada dalam suntikan flu sehingga bakteri tidak tumbuh,” jelas Dr. Javaid.

Jika Anda khawatir tentang apa yang ada dalam suntikan flu Anda, Anda harus bertanyakepada dokter dan apoteker tentang pilihan terbaik untuk Anda, seperti pilihan bebas telur atau pengawet. Tetapi intinya, para ahli memperingatkan pentingnya mengingat tujuan mendapat vaksin flu, yaitu perlindungan terhadap virus mematikan yang membunuh orang dari segala usia setiap tahun. Sebagaimana data CDC menunjukkan hanya dalam setahun saja, tahun 2019-2020, penderita flu mencapai 62.000 orang Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.