Sukses

Idul Adha 1443 H, Wapres Ma'ruf: Berkurban di Tengah Pandemi COVID-19 Semoga Pererat Persaudaran

Wapres Ma'ruf berharap perayaan Idul Adha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin mengucapkan hari Idul Adha tahun 1443 H kepada seluruh umat Muslim Indonesia. 

"Saya mengucapkan hari raya Idul Adha kepada seluruh umat Islam di Tanah Air dan dimana pun berada," kata Ma'ruf dalam tayangan video ucapan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Sabtu (9/7/2022).

Ia juga mengatakan bahwa hari raya Idul Adha kerap disebut juga sebagai hari berkurban. Untuk itu, kata Ma'ruf, menyembelih hewan kurban hukumnya ialah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," tuturnya.

Ma'ruf juga melihat bahwa kurban merupakan bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli pada sesama dalam kondisi pandemi seperti saat ini. 

Ia berharap perayaan Idul Adha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, semoga perayaan Idul Adha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT," ucapnya.

"Dan di tengah pandemi COVID-19 ini semoga semangat berkurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia."

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan Hewan Bebas PMK

Dalam video tersebut, Ma'ruf juga mengingatkan penyedia hewan kurn agar menyediakan hewan yang terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kini sedang mewabah di Indonesia.

"Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas," kata Ma'ruf.

Wapres Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H ini di Tanah Suci sembari melaksanakan ibadah haji. Ma'ruf berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini