Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Tahan Bercinta Jika Organ Intim Pasangan Gatal Akibat Infeksi Jamur

Apakah aman bercinta saat pasangan mengalami infeksi jamur? Pakar mengatakan, Anda bisa menuda hubungan. Jika tidak, 4 hal ini bisa terjadi pada Anda dan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda sedang mood untuk melakukan hubungan seks, namun sayangnya hal seperti infeksi jamur bisa menghambat rencana Anda.

Allison K. Rodgers, MD, seorang ob-gyn bersertifikat, ahli endokrinologi reproduksi dan direktur pendidikan di Fertility Centers of Illinois menjelaskan risiko berhubungan seks dengan infeksi jamur dan menjelaskan mengapa Anda mungkin ingin berpantang sampai Anda sembuh dulu.

Apa Itu Infeksi jamur?

Dilansir Livestrong, infeksi jamur dikenal sebagai kandidiasis vagina,terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih dari kandida (sejenis jamur) di vagina.

Sementara candida biasanya hidup di dalam vagina (dan bagian tubuh lainnya seperti kulit, mulut, tenggorokan dan usus) tanpa menyebabkan komplikasi, perubahan tertentu dalam tubuh Anda, termasuk penggunaan beberapa obat dan perubahan hormon atau sistem kekebalan tubuh Anda, dapat mengganggu campuran mikroba yang seimbang di vagina Anda, dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Tanda-tanda infeksi jamur termasuk, menurut CDC:

- Vagina gatal atau nyeri

- Nyeri saat berhubungan seksual (lebih lanjut tentang ini nanti)

- Sakit atau tidak nyaman saat buang air kecil

- Keputihan yang tidak normal

- Kemerahan, bengkak dan retak pada dinding vagina

Jika Anda berpikir untuk tetap berhubungan seks saat pasangan mengalami infeksi jamur, berikut adalah beberapa masalah yang mungkin ditimbulkannya:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bisa Menyakitkan dan Mengiritasi Vagina Anda

Rodgers menomorsatukan hal ini karena vagina dan vulva Anda mungkin sudah gatal, sakit, dan/atau bengkak, gesekan yang ditimbulkan dari gerakan lincah dapat semakin mengiritasi area tersebut.

"Anda [akan] benar-benar merasa seperti sedang memegang api ke vagina Anda," katanya. Selain rasa terbakar pada vagina saat berhubungan seks, Anda mungkin juga merasa terbakar saat buang air kecil.

"Anda mungkin tidak menginginkan apa pun selain obat di dekat sana," tambahnya.

2. Dapat Memperpanjang Proses Penyembuhan

Selain kemerahan dan pembengkakan, infeksi jamur juga dapat membuat luka kecil di sekitar klitoris, lubang vagina atau vulva, dikutip dari Cleveland Clinic.

Seks penetrasi dalam bentuk apa pun (dengan pasangan atau mainan seks) sudah berpotensi menyebabkan mikrotrauma, atau robekan kecil, pada vagina, kata Rodgers.

Itu berarti seks dapat meningkatkan kerusakan yang sudah terjadi pada jaringan vagina dan vulva yang terinfeksi (dan teriritasi), sehingga memperpanjang gejala Anda, jelas Rodgers.

3. Dapat Meningkatkan Risiko Infeksi Menular Seksual (IMS)

Robekan kecil atau retakan pada jaringan vagina akibat hubungan seks (dan infeksi jamur) juga dapat meningkatkan risiko terkena jenis infeksi lain.

"Mikrotrauma pada jaringan yang meradang [mungkin] membuat Anda lebih rentan terhadap IMS," kata Rodgers. Kerusakan pada jaringan Anda dapat bertindak sebagai pintu gerbang yang memudahkan infeksi masuk, jelasnya.

Lebih buruk lagi, krim topikal tertentu yang diformulasikan untuk mengobati infeksi jamur mengandung minyak, yang dapat merusak kondom, menurut Klinik Cleveland. Dan kita tahu ketika kondom rusak, ada kemungkinan lebih besar terkena IMS, dan tentu saja, kemungkinan hamil lebih tinggi.

4. Anda Dapat Menularkan Infeksi ke Pasangan Anda

Meskipun infeksi jamur tidak dianggap sebagai infeksi menular seksual, menurut Mayo Clinic, mereka dapat menular. Itu berarti Anda dapat menularkan infeksi ke pasangan Anda, dan kemudian mereka dapat menularkannya kembali kepada Anda, kata Rodgers.

Dan bukan hanya seks penetrasi yang dapat menularkan infeksi. Ini juga dapat menyebar melalui seks oral, kata Rodgers.

"Orang-orang yang mengalami gangguan kekebalan berada pada risiko yang sangat tinggi [terinfeksi]," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Apakah Aman Bercinta dengan Infeksi Jamur?

"Mungkin aman, tetapi seperti ide yang buruk," kata Rodgers.

Dengan jaringan vagina yang gatal dan meradang, seks pasti akan membakar dan memperlambat proses penyembuhan Anda. Serta, Anda berisiko menularkan infeksi ke pasangan Anda atau tertular IMS.

Untuk alasan ini, "akan lebih baik menunggu sampai infeksi Anda sembuh, biasanya dalam waktu seminggu," kata Rodgers.

Namun, jika Anda dan pasangan tidak bisa menunggu, "lanjutkan saja jika Anda tidak kesakitan, gunakan kondom dan pastikan kedua pasangan mandi setelahnya," kata Rodgers.

Jangan gunakan produk pembersih kewanitaan untuk mencuci vagina yang mungkin mengandung bahan-bahan yang mengiritasi. Tetap membilas vulva Anda dengan air, tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Infeksi Jamur

Jika Anda mulai memperhatikan gejalanya, Dr. Rodgers merekomendasikan untuk mencoba mengobati infeksi jamur Anda di rumah terlebih dahulu. "Anda bisa mulai dengan obat bebas untuk bagian dalam dan luar vagina," katanya.

Rodgers sendiri lebih memilih perawatan tiga hari. "Terkadang satu hari tidak cukup, dan tujuh hari terlalu lama," jelasnya.

Untuk menghentikan rasa gatal yang tidak nyaman, Anda juga dapat mencoba salep steroid toko obat dengan hidrokortison 1 hingga 2 persen, kata dia.

Jika gejala tidak membaik dalam beberapa hari, temui dokter Anda, yang mungkin akan meresepkan obat oral yang lebih kuat yang disebut Diflucan, ucap Rodgers.

Meskipun secara teknis Anda masih dapat berhubungan seks dengan infeksi jamur, itu tidak dianjurkan. Dari rasa sakit hingga proses penyembuhan yang lebih lama dan risiko IMS yang lebih tinggi, seks dengan kandidiasis vagina dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan potensial.

Intinya, lebih aman untuk melewatkan seks sampai infeksi Anda sembuh. Seminggu atau lebih layak untuk ditunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.