Sukses

Kemenkes: Obat Isoman COVID-19 Gratis Bisa Diambil Langsung di Apotek Kimia Farma

Obat Isoman COVID-19 bisa diambil oleh anggota keluarga yang sehat maupun ojek online di apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan sistem.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kenaikan kasus COVID-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan bahwa hingga saat ini obat COVID-19 masih gratis disediakan oleh pemerintah. Bahkan layanan terbaru adalah saat ini bagi yang menjalani isolasi mandiri (isoman), anggota keluarga lain bisa mengambil obat langsung ke apotek Kimia Farma yang ditunjuk.

“Layanan isoman masih ada. Bahkan semua obat sudah bisa diambil langsung ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan bahwa saat ini di setiap area layanan isoman ada satu cabang apotek Kimia Farma yang jadi sentralisasi operasional layanan isoman.

Untuk mendapatkan obat COVID-19, pasien isoman dapat menghubungi WA Kemenkes RI di Nomor 081110500567. Sebenarnya, pasien isoman biasanya langsung mendapatkan pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis atau mendapatkan status ‘Pasien memenuhi syarat untuk menebus resep’ di web ISOMAN.

Pasien dengan NIK terdaftar bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara gratis. Lalu, memasukan kode voucher isoman di aplikasi yang dipilih.

Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien.

Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman atau layak isoman, maka pasien dengan NIK terdaftar akan mendapatkan paket obat dengan jenis obat sesuai ketentuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Tebus Obat

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien dengan NIK terdaftar mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin. Lalu, tulis juga KTP, melengkapi alamat pengiriman, dan memberikan persetujuan syarat dan ketentuan paket obat.

Pasien bisa memilih jasa pengiriman Pick Up atau Ambil Sendiri langsung ke apotek Kimia Farma yang ditentukan sistem.

Setiap pengambilan akan diberikan Kode Paket yang dikirimkan langsung melalui WA konfirmasi tebus resep ke nomor pasien.

Selain anggota keluarga sehat, Nadia juga mengatakan bahwa bisa juga menggunakan layanan ojek online untuk mengambil paket dengan biaya yang ditanggung sendiri oleh pasien.

 

3 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 Naik di 30 Provinsi

Indonesia saat ini tengah mengalami kenaikan kasus COVID-19 seiring dengan masuknya subvarian XBB. Masyarakat diimbau tetap melakukan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus COVID-19. Apalagi, telah terjadi lonjakan kasus di 30 provinsi dalam waktu satu minggu terakhir.

“Masyarakat diminta untuk menegakkan protokol kesehatan, mengurangi aktivitas di kerumunan, dan melaksanakan vaksinasi sebagai bagian dari perlindungan pencegahan dan pengendalian COVID-19,” ucap Nadia dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini