Sukses

Check! Ini Manfaat dan Langkah-Langkah Melakukan Yoga Sebelum Tidur

Salah satu cara yang dapat membuat kualitas tidur Anda semakin baik adalah dengan melakukan yoga sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara yang dapat membuat kualitas tidur Anda semakin baik adalah dengan melakukan yoga sebelum tidur. Selain itu, dengan Anda hal tersebut, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih tenang sehingga tidur pun menjadi nyenyak.

Tak bisa dipungkiri, yoga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Jika melakukan yoga sebelum tidur secara rutin, tubuh Anda dapat beristirahat dengan tenang di malam hari.

Seperti dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat lainnya jika Anda melakukan yoga sebelum tidur. Apa saja? Simak di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Mengurangi Insomnia

Jika rutin melakukan yoga sebelum tidur, Anda dapat mengurangi gejala insomnia yang terasa. Anda bisa tertidur lebih cepat, tidur lebih lama, dan segar saat bangun di pagi hari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa keefektifan yoga sebelum tidur dapat mengurangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Selain yoga, orang yang berlatih meditasi, tai chi, dan qigong juga akan mengalami perbaikan pola tidur.

Yoga yang rutin dilakukan dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur. Yoga sebelum tidur juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak yang memiliki korelasi dengan menjaga berat badan dan penurunannya.

3. Tingkatkan Kualitas Tidur dan Hidup

Ada banyak dampak negatif ketika Anda memiliki kualitas tidur yang buruk, mulai dari mudah lemas hingga tidak bersemangat dalam beraktivitas. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dan hidup adalah dengan berlatih yoga. 

Dengan rutin melakukan yoga sebelum tidur, Anda bisa mendapatkan kualitas tidur lebih baik sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat.

4. Tubuh Tidak Terasa Tegang

Yoga dapat membantu membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Dengan yoga, ketegangan pada otot akan hilang, sehingga tubuh tidak akan terasa sakit.

Selain itu, dengan rutinitas melakukan yoga sebelum tidur, Anda juga bisa meminimalisir tekanan darah menjadi tinggi dan menghasilkan hormon stres kortisol yang lebih rendah.

3 dari 3 halaman

Ingin Coba Gerakannya? Lihat Langkah Ini!

1. Angkat Kaki ke Dinding

Anda bisa menggunakan bantal atau guling di bawah pinggul. Anda bisa menyatukan kedua telapak kaki atau membuka kaki selebar-lebarnya.

  1. Duduklah dengan sisi kanan di samping dinding.
  2. Ayunkan kaki Anda ke dinding saat berbaring telentang, letakkan pinggul Anda di dekat dinding.
  3. Istirahatkan lengan Anda dalam posisi yang nyaman.
  4. Ikuti napas Anda dan fokus untuk melepaskan ketegangan di tubuh Anda.
  5. Tetap dalam gerakan ini hingga 5 menit.

2. Berbaring

Gerakan ini dapat menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres. Anda bisa meletakkan bantal di bawah lutut untuk memulai gerakan ini.

  1. Dari posisi duduk, tekan kedua telapak kaki Anda bersamaan.
  2. Buka lutut Anda ke samping. Berbaring telentang.
  3. Letakkan tangan Anda pada posisi yang nyaman.
  4. Tahan gerakan ini hingga 5 menit.

3. Child's Pose

Gerakan ini dapat meningkatkan kelenturan sambil memperpanjang dan meregangkan tulang belakang. Anda bisa meletakkan bantal di bawah dahi, dada, atau paha Anda.

  1. Turunkan pinggul kembali ke tumit Anda.
  2. Sesuaikan lutut Anda agat berdekatan atau melebar.
  3. Rileksasikan dada dan biarkan masuk ke dalam paha Anda.
  4. Rileksasikan semua ketegangan di sepanjang tulang belakang Anda.
  5. Tetap dalam gerakan ini hingga 5 menit.

Itulah manfaat ketika Anda melakukan yoga sebelum tidur dan bagaimana cara melakukannya. Lakukanlah gerakan tersebut secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.