Sukses

Kolaborasi dengan Mayo Clinic, RSPP Tingkatkan Layanan Kesehatan ke Taraf Internasional

Kolaborasi RSPP dan Mayo Clinic diharapkan bisa meningkatkan layanan kesehatan pada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) resmi bersinergi dengan Mayo Clinic, salah satu organisasi kesehatan dunia. Dengan adanya sinergi tersebut, RSPP menjadi bagian dari Mayo Clinic Care Network (MCCN).

Melalui kerja sama tersebut, PT Pertamina Bina Medika - Indonesai Healthcare (IHC) yang menaungi RSPP menjadi member Mayo Clinic Care Network pertama dari Indonesia. Adanya kolaborasi dengan institusi kesehatan global, IHC RSPP akan memperoleh akses berbagi pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic.

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono berharap kolaborasi RSPP dan Mayo Clinic bisa meningkatkan layanan klinis pada masyarakat. Sebab, sebagai jaringan dari MCCN, RSPP akan memiliki akses terhadap perkembangan ilmu kesehatan global termasuk pada kasus-kasus spesifik dan kasus langka.

“Melalui sinergi ini, tenaga kesehatan RSPP dapat meningkatkan keahlian klinisnya. Ini akan menjadi asset yang sangat berharga, untuk RSPP pada khususnya dan secara umum untuk dunia kesehatan di Indonesia,” jelas Dante di Graha RSPP, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kolaborasi antara RSPP dan Mayo Clinic wujud komitmen Indonesia dalam meningkatkan layanan kesehatan berstandar internasional.

“Kolaborasi antara Mayo Clinic dan RSPP menunjukan komitmen Indonesia untuk meningkatkan layanan kesehatan berstandar internasional. Kami mengapresiasi upaya ini, terlebih ini dilakukan oleh RSPP, yang merupakan institusi badan usaha milik negara (BUMN), sehingga dapat menjalankan mandat Pemerintah untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional,” jelas Erick Thohir, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury berharap kolaborasi antara IHC dan Mayo Clinic akan berlanjut, salah satunya melalui Bali International Hospital.

”Kami meyakini IHC sebagai pioneer untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional dan ekosistem kesehatan nasional,” ujar Pahala yang turut hadir dalam acara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Kemampuan dalam Skala Internasional

Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah, MARS menambahkan, sinergi ini akan memberikan keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan dalam skala internasional.

“Salah satunya, tim medis RSPP dapat melakukan teleconference dengan ahli kesehatan dari Mayo Clinic,” ujar Mira.

Mira meyakini, melalui sinergi ini pihaknya dapat mengakses keahlian internasional yang dimiliki Mayo Clinic, sehingga pada akhirnya akan memberi keuntungan bagi konsumen pengguna layanan RSPP baik pasien maupun lembaga asuransi kesehatan.

“Salah satu keunggulan lain adalah tenaga medis kami dapat berinteraksi dengan tim ahli Mayo Clinic, seperti ahli kanker, melalui jaringan langsung eBoards untuk berdiskusi kasus kesehatan spesifik untuk kebutuhan layanan kami kepada pasien,” tambah Mira.

3 dari 4 halaman

Akses ke Fasilitas MCCN

Melalui kerjasama dengan Mayo Clinic Care Network, tenaga kesehatan IHC RSPP memiliki akses pada perangkat dan layanan kesehatan Mayo Clinic, termasuk:

• AskMayoExpert

Perangkat informasi terhadap berbagai kejadian kesehatan termasuk protokol kesehatan, rekomendasi perawatan dan referensi medis. Bank data ini dapat digunakan dimana pun, sesuai dengan kebutuhan.

• eBoards

Merupakan perangkat siar langsung, yakni video conference yang terjadwal dimana tim medis RSPP dapat mendiskusikan kasus kesehatan yang kompleks dengan tim Mayo Clinic yang terdiri dari berbagai bidang serta dokter ahli dari Mayo Clinic Care Network.

• Konsultasi Layanan Kesehatan

RSPP memiliki akses kepada pengalaman luar biasa yang dimiliki Mayo Clinic, termasuk pengetahuan dan ahli subspesialis terkait dengan aspek klinis, operasional, dan tujuan bisnis.

 

4 dari 4 halaman

Komitmen Bersama Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Staf IHC RSPP juga dapat menggunakan materi-materi edukasi pasien dan akses terhadap pengembangan profesi dan peningkatan keahlian yang berkelanjutan.

“Kami menyambut bergabungnya IHC RSPP dalam jaringan Mayo Clinic Care Network,” jelas dr. Brian Costello, M.D., Medical Director, Mayo Clinic International.

“Mengusung nilai penting yang sama bagi kedua organisasi, yakni kualitas tinggi dan fokus pada pasien. Kami antusias dalam bekerja sama untuk meningkatkan layanan kesehatan,”ujarnya.

IHC RSPP dan anggota Mayo Clinic Care Network lainnya merupakan institusi independen, namun memiliki komitmen sama untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan di bidang kesehatan.

Berdiri pada tahun 2011, Mayo Clinic Care Network saat ini memiliki lebih dari 45 member di Amerika Serikat, Asia, India, Meksiko and Timur Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini