Sukses

4 Penyebab Asam Urat Bisa Terjadi Pada Anak Muda, Harus Hati-Hati Mulai Sekarang

Bukan hanya orang lanjut usia saja yang bisa terkena asam urat, melainkan juga anak muda. Simak penyebabnya baik-baik.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit asam urat merupakan sebuah kondisi di mana terjadinya penumpukan kristal asam urat atau uric acid pada sendi. Gejala pada penyakit ini bisa saja dirasakan pada semua jenis persendian manusia. Namun, bagian sendi yang paling banyak diserang biasanya adalah lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan kaki.

Kebanyakan kasus dari asam urat ini umumnya menimpa orang-orang yang sudah berusia di atas 30 tahun ke atas. Meski begitu, tak menutup kemungkinan jika anak muda juga bisa terserang risiko gangguan sendi ini. Lantas, apa saja sih hal-hal yang mampu meningkatkan risiko seseorang yang berusia muda terkena asam urat? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Tidak Sehat

Ada banyak sekali penyebab yang bisa mengakibatkan asam urat ini. Sebut saja kebiasaan mengkonsumsi makanan tak sehat sebagai salah satunya. Yup, anak muda zaman sekarang tak begitu mengkhawatirkan apa yang akan mereka santap.

Maraknya berbagai hidangan yang inovatif dan kreatif juga menjadi salah satu alasan mengapa anak muda generasi sekarang jarang untuk pilah pilih hidangan yang ingin dimakan. Asalkan memiliki tampilan yang menggiurkan, rasa yang enak, dan populer di media sosial, mereka pun tak akan berpikir dua kali untuk segera mengkonsumsinya. Namun, karena perihal ini pula yang bisa meningkatkan risiko asam urat di usia mereka yang masih terbilang muda itu.

2. Berat Badan yang Berlebihan

Penyebab asam urat pada anak muda selanjutnya adalah kelebihan berat badan. Menurut sejumlah riset, seseorang yang berat badannya di atas rata-rata cenderung lebih rentan terserang asam urat dibandingkan mereka yang memiliki berat badan sehat. 

Nah, untuk kamu yang masih muda dan memiliki berat badan berlebih, ada baiknya untuk mulai diet dari sekarang. Jaga pola makan sehat dan rutinlah melakukan olahraga. Selain itu, istirahat pula yang cukup agar daya tahan tubuh bisa semakin kuat dan sehat. 

3. Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Terjadinya asam urat pada anak muda juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Jika kamu memiliki riwayat masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, kolesterol tinggi, dan bahkan hipertensi, maka perlu sekali untuk berhati-hati. Pasalnya, berbagai gangguan tersebut bisa menjadi faktor utama mengapa asam urat dapat menyerang, meski berada di usia yang masih terbilang muda.

4. Turunan dari Keluarga 

Faktor terakhir yang menyebabkan asam urat pada anak muda adalah karena pengaruh genetika dari keluarga, khususnya orang tua. Jika salah satu orang tuamu memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka kemungkinan besar kamu juga akan terkena penyakit yang satu ini. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan jika seseorang yang mengalami penyakit asam urat akibat efek genetika akan sulit untuk mengurangi kadarnya, meski sudah menerapkan pola hidup sehat.

Nah, itu tadi beberapa penyebab asam urat pada anak muda. Meskipun masih berusia belia, namun ada baiknya jika kamu mulai menerapkan gaya hidup sehat dan rutin mengecek kesehatan, ya. Kamu bisa mengunjungi rumah sakit terdekat agar bisa mengetahui seberapa baik kondisi tubuh yang dipunya. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.