Sukses

Cara Ampuh Mengatasi Batuk yang Mengganggu, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Mengatasi gejala batuk sendiri dapat dilakukan dengan banyak cara.

Liputan6.com, Jakarta Batuk adalah mekanisme alami tubuh yang berfungsi untuk menjaga tenggorokan agar tetap bersih dari berbagai mikroorganisme, dahak, ataupun iritasi. Kondisi seperti ini sebenarnya sangat normal dan dapat terjadi pada siapapun, tanpa memandang gender dan usia. Namun, ada pula batuk yang perlu diperhatikan karena mungkin saja itu merupakan tanda dari penyakit berbahaya.

Mengatasi gejala batuk sendiri dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun, jika mencari cara yang mudah dan terjangkau, maka beberapa tips berikut ini bisa dipertimbangkan agar gejala batuk yang dirasakan bisa segera mereda. Apa saja hal tersebut?

Perbanyak Minum Cairan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk adalah dengan memperbanyak minum air putih. Batuk bisa saja terjadi karena tenggorokan kering, sehingga menimbulkan sensasi gatal-gatal yang memicu munculnya batuk. Untuk itu, usahakan konsumsi air putih agar tenggorokan bisa tetap terhidrasi dan terhindar dari gejala batuk yang mengganggu. 

Disarankan untuk minum air hangat saat keluhan ini menyerang. Sebab, air dengan suhu ini bisa meredakan batuk, pilek, kedinginan, hingga sakit tenggorokan. Terlebih, ini akan sangat efektif jika dibandingkan minum air putih dengan suhu ruangan.

Hirup Uap Panas

Tips selanjutnya yang bisa dicoba untuk mengatasi batuk adalah dengan menghirup uap panas. Uap panas yang masuk ke dalam tubuh lewat hidung atau mulut dapat membantu melonggarkan sekresi yang menghasilkan lendir di hidung hingga tenggorokan. Sehingga, dahak pun bisa berkurang dan mengurangi gejala batuk.

Cara ini bisa diterapkan dengan menuangkan air panas ke mangkuk, dan kemudian hirup uap yang dihasilkan selama 2-3 menit. Selain itu, kamu bisa juga mencoba mandi air hangat, agar uap panas yang ada bisa dihirup untuk meringankan batuk sekaligus bikin tubuh jadi makin rileks. 

Konsumsi Makanan Berkuah Hangat

Di kala tenggorokan sedang ‘bermasalah’, maka biasanya orang-orang akan memilih untuk makan makanan berkuah hangat karena bisa membuat kondisi jadi lebih baik. Ya, makanan hangat seperti sup memang diyakini bisa bantu menjaga kelembaban serta membuat gatal tenggorokan akibat batuk jadi semakin mereda. Selain itu, menyantap sajian dengan kuah hangat juga mampu menghidrasi sekaligus membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Minum Obat Batuk

Cara mengatasi batuk yang mengganggu selanjutnya adalah dengan minum obat pereda batuk. Trik ini paling banyak dicoba karena berikan hasil yang cepat dan juga mudah diterapkan. Selain itu, saat ini juga terdapat banyak obat batuk yang aman dan bisa dipilih.

Rata-rata obat batuk yang beredar memiliki kandungan menthol yang bantu tenangkan tenggorokan dan hilangkan berbagai gejala lainnya dari batuk. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa mengonsumsi obat batuk ini juga harus mengikuti kondisi yang sedang dialami. 

Apabila mengalami batuk kering, ada baiknya untuk minum obat batuk khusus dahak kering. Namun, jika yang terjadi ada batuk berdahak, maka sebaiknya memilih obat batuk khusus yang ditujukan untuk yang berdahak. 

Itulah beberapa cara mengatasi batuk yang mengganggu. Jika kamu sudah mengetahuinya, cobalah untuk menerapkan sejumlah hal di atas agar batuk bisa segera hilang dan kamu pun terbebas dari rasa tidak nyaman yang dihasilkan.