Sukses

Lele Rp18 Ribu Lebih Ampuh Cegah Stunting, Gizinya Lebih Baik Ketimbang Daging Sapi Rp120 Ribu

Lele ternyata lebih ampu untuk cegah stunting ketimbang daging sapi seharga Rp120 ribu per kilogram

Liputan6.com, Jakarta - Lele adalah jenis ikan yang bisa diolah menjadi makanan sehat untuk membantu cegah stunting. Bahkan, lele disebut lebih baik dari daging sapi meski harganya jauh lebih murah.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo dalam Kickoff Meeting Pancasila dalam Tindakan: Gerakan Semesta Berencana Mencegah Stunting belum lama ini.

"Mindset masyarakat soal makanan masih salah. Mereka masih sering menganggap bahwa daging yang mahal, ikan yang mahal lebih baik dari ikan yang murah," kata Hasto. 

"Padahal lele saja jauh lebih baik daripada daging sapi yang harganya Rp120 ribu, lele yang Rp18 ribu lebih baik untuk ibu hamil dan balita," dia menambahkan.

Alasan Mengapa Makan Lele Bisa Cegah Stunting

Lele memiliki kandungan DHA dan omega 3 yang baik untuk tubuh. Selain sehat dan murah, ikan lele juga tidak perlu didatangkan dari luar negeri alias impor.

Hasto menambahkan bahwa edukasi mengenai kandungan ikan perlu disosialisasikan kepada setiap keluarga.

Agar mereka tidak hanya menikmati produk pertanian yang melimpah dan ketahanan pangan yang cukup, tetapi juga sepenuhnya punya ilmu yang cukup di dalam mengakses produk pangan.

"Sehingga hasil dalam bentuk SDM yang unggul bisa terwujud. Begitu juga banyak sekali makanan sederhana yang kandungannya cukup baik, misal daun kelor," ujarnya

"Saya kira hal yang sangat menyenangkan bagi kita semua untuk memudahkan peroleh pangan. Kita punya rasa optimis bahwa SDM bisa maju unggul dari (konsumsi) produk lokal  sendiri (termasuk ikan lele)," Hasto menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lele Selain Bantu Cegah Stunting

Warga Indonesia sudah tak asing dengan ikan lele. Ikan yang hidup di air tawar ini memiliki lebih dari 3.000 spesies yang ditemukan di perairan air tawar seperti sungai dan kali.

Namun, beberapa spesies telah berevolusi untuk hidup di air asin.

Meskipun kandungan lemaknya rendah, ikan ini merupakan sumber omega-3 yang baik dan mengandung vitamin D, protein, selenium, lemak sehat dan B12.

Manfaat Konsumsi Lele, Asupan Tinggi Protein

Manfaat konsumsi lele tidak hanya untuk mencegah stunting, melansir Health Guide lele juga bermanfaat sebagai sumber protein.

Protein adalah salah satu sumber energi terpenting untuk asupan nutrisi. Protein juga merupakan komponen dari berbagai hormon, enzim, dan zat lainnya.

Makan makanan yang kaya protein, seperti ikan lele dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang.

Ikan lele juga menjadi makanan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, protein dalam ikan lele juga membangun dan memperbaiki jaringan dan otot.

3 dari 4 halaman

Bantu Perkembangan Otak Embrio

Ikan lele kaya akan asam lemak dan omega-3. Pada ibu hamil, omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak embrio.

Omega-3 juga diperlukan untuk perkembangan sistem saraf dan penglihatan. Mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otot rangka, kesehatan jantung, dan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, lele juga mengandung vitamin B12. Vitamin ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial. Beberapa manfaat kesehatan dari makan ikan lele di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Meningkatkan aktivitas kardiovaskular
  • Mencegah anemia.
4 dari 4 halaman

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lele juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ikan berkumis ini memiliki kandungan vitamin D.

Vitamin D sebagian besar didapat dari sinar matahari langsung. Tidak banyak makanan yang mengandung vitamin penting ini, tetapi makanan hewani tertentu dapat menjadi sumber yang sangat baik, salah satunya ikan lele.

Vitamin D memiliki berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, mempertahankan kadar vitamin D yang optimal dalam darah juga telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari berbagai penyakit kronis.

Kadar vitamin D dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi ikan seperti ikan lele. 143 gram ikan lele mengandung 181 persen dari nilai harian vitamin D. Jadi, makan ikan lele menjadi cara yang mudah untuk mendapatkan vitamin D.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.