Sukses

Meditas Tidur Bisa Jadi Solusi Hilangkan Gangguan Kecemasan di Malam Hari

Tidak sedikit orang yang merasa cemas dan khawatir berlebihan di malam hari. Meditasi tidur dapat menjadi jawaban atas masalah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki jam tidur malam, tidak sedikit orang-orang yang merasa cemas dan khawatir berlebihan sehingga mempengaruhi kualitas tidur mereka. Masalah ini tidak bisa disepelekan karena bisa membuat seseorang merasa lelah dan tidak bertenaga di pagi hari, bahkan bisa memicu masalah kesehatan jangka panjang jika terus dibiarkan.

Kabar baiknya, meditasi tidur dapat membantu Anda menenangkan kecemasan dan stres di malam hari, dan meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Apa itu meditasi tidur? 

Meditasi tidur adalah teknik meditasi yang dilakukan ketika Anda berbaring di tempat tidur. Tujuannya adalah untuk membantu Anda memasuki keadaan relaksasi yang dalam dan membiarkan pikiran Anda terlelap tanpa diganggu kecemasan atau stres. Dikutip dari Lifehack, meditasi tidur sering melibatkan teknik pernapasan yang disinkronkan dengan gerakan tubuh yang lembut, seperti memutar kepala atau menggerakkan jari-jari. 

Meditasi tidur membawa banyak manfaat yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Beberapa manfaatnya seperti berikut ini.

1. Menenangkan Kecemasan dan Stres

Meditasi tidur membantu meredakan kecemasan dan stres yang dapat membuat sulit tidur di malam hari. Dengan meditasi tidur, Anda dapat membiarkan pikiran Anda terlelap secara alami dan meredakan kecemasan yang mengganggu tidur Anda. 

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketika Anda berada dalam keadaan relaksasi yang dalam selama meditasi tidur, tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks. Hal ini membantu Anda merasakan tidur yang lebih nyenyak dan pulas. Dengan tidur yang lebih berkualitas, Anda akan merasa lebih segar dan bertenaga di pagi hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Meditasi Tidur 

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Meditasi tidur dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus di siang hari. Hal ini karena meditasi tidur dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres yang dapat mengganggu fokus dan konsentrasi. 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

Meditasi tidur dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda secara keseluruhan. Hal ini karena meditasi tidur membantu meredakan stres dan kecemasan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti depresi, sakit kepala, dan masalah pencernaan. 

Dilansir dari lifehack.org, biasanya panduan untuk meditasi tidur menyangkut beberapa hal seperti visualisasi tentang bagaimana caranya menyerah untuk berpikir terlalu keras, pemahaman dan sadar kenapa Anda terlalu keras berpikir. Anda dapat mengganti pikiran Anda dengan pikiran lain yang lebih mudah atau mengembalikan jalan berpikir kemasa ini melalui pernafasan yang jauh lebih rileks serta ingatkan kembali diri Anda tentang bagaimana seharusnya Anda untuk berfikir.

3 dari 3 halaman

Tips untuk Meditasi Tidur yang Sukses

1. Pilih Waktu Tidur yang Tepat

Pilih waktu tidur yang tepat dan jangan melakukan meditasi tidur terlalu dekat dengan waktu tidur Anda. Anda perlu memberi diri waktu untuk merelaksasi dan mereda pikiran Anda sebelum benar-benar tidur. 

2. Gunakan Suara Alam atau Musik Meditasi

Suara alam atau musik meditasi dapat membantu mempertahankan fokus dan menciptakan lingkungan yang tenang dan damai untuk meditasi tidur.

3. Pernapasan Perut

Dengan duduk dengan nyaman dan menempatkan tangan Anda di perut, tarik napas dalam-dalam dan rasakan napas Anda memenuhi perut Anda. Tahan napas Anda sejenak sebelum menghembuskan napas perlahan. Lakukan ini beberapa kali dan fokus pada perasaan tenang yang tercipta. 

4. Visualisasi

Bayangkan pemandangan indah yang dapat menenangkan pikiran Anda, seperti pantai atau hutan. Fokus pada detail dari lingkungan visual yang Anda bayangkan, seperti warna dan suara, dan bayangkan diri Anda berada di sana dan merasakan kedamaian. 

Asalkan memiliki pemahaman yang matang tentang kecemasan Anda di malam hari, maka Anda dapat mengatur ulang semuanya dan memperbaiki mental berpikir. Refleks kebiasaan Anda untuk berpikiran sibuk dapat digantikan dengan refleks untuk relaksasi yang akan membantu Anda beristirahat dan pulih.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini