Sukses

Cegah Tubuh Kekurangan Mineral, Konsumsi Rutin 8 Jenis Makanan Ini

Konsumsi makanan dan minuman yang tepat akan membantu kita terhindar dari masalah kekurangan mineral seperti penurunan daya tahan tubuh, kelelahan, masalah kulit, masalah tulang dan masih banyak yang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Mineral dalam tubuh manusia mempunyai peranan penting guna pemeliharaan fungsi tubuh secara keseluruhan, baik tingkat sel, jaringan, maupun organ. Mineral juga berperan dalam membantu melawan infeksi, menjaga kekuatan tulang, hingga mengatur hormon dalam tubuh.

Begitu banyaknya manfaat mineral ini tak luput karena jenis mineral yang beragam. Pertama, mineral mikro atau trace mineral, yang hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, seperti zat besi, tembaga, fluoride, zinc, yodium, selenium, dan mangan. Kedua, mineral makro adalah jenis mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, seperti kalsium, kalium, natrium, klorida, fosfor, dan magnesium. 

Karena tubuh tidak bisa memproduksi mineral sendiri dan mengonsumsi multivitamin harian bukanlah cara yang ideal, maka cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan mineral adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang mengandung mineral. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat akan membantu kita terhindar dari masalah kekurangan mineral seperti penurunan daya tahan tubuh, kelelahan, masalah kulit, masalah tulang dan masih banyak yang lain.

Untuk mencegah kekurangan mineral, terlebih di saat kita menjalankan ibadah puasa yang mengharuskan tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, maka  kita harus mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral setiap hari. 

Berikut adalah delapan jenis makanan yang kaya akan mineral dan sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Di samping itu, pastikan juga menyediakan Le Minerale yang kaya mineral esensial baik sebelum makan maupun sesudah makan. Karena ada manfaat lebih dari kebiasaan minum air yang baik.

1. Gandum Utuh

Gandum utuh adalah sumber yang baik untuk mineral seperti magnesium, selenium, dan zat besi. Konsumsi gandum utuh dalam bentuk roti gandum, sereal, atau pasta dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita. 

2. Daging 

Daging adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung mineral seperti zat besi, seng, dan selenium. Konsumsi daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, atau daging sapi dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita. 

3. Sayur 

Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kubis mengandung banyak mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Konsumsi sayuran ini dalam bentuk salad, sup, atau tumis dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Telur 

Telur adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung mineral seperti selenium dan zat besi. Konsumsi telur dalam bentuk omelet, telur rebus, atau telur dadar dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita.

5. Ikan 

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung mineral seperti selenium, magnesium, dan fosfor. Konsumsi ikan dalam bentuk panggang, rebus, atau goreng dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita. 

6. Buah 

Buah seperti pisang, apel, dan anggur mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Konsumsi buah ini sebagai camilan sehat atau sebagai bahan makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita. 

7. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang kedelai, merupakan sumber mineral yang sangat baik, terutama magnesium, seng, dan selenium. Magnesium membantu mengatur denyut jantung dan memperkuat sistem saraf, sedangkan seng diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Selenium juga penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

8. Yogurt

Yogurt mengandung banyak mineral seperti kalsium, fosfor, dan potassium, serta bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Yogurt juga kaya akan protein, vitamin B12, dan riboflavin.

Bukan hanya dari makanan, kita juga mampu mendapatkan mineral dari air mineral yang kita konsumsi sehari-hari. Yang terbaik adalah air mineral dengan kandungan mineral essensial. mineral esensialnya dibutuhkan oleh tubuh. Le Minerale mengandung mineral esensial karena merupakan air mineral pegunungan yang berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang terfilter dan kaya mineral alami. 

Beberapa mineral esensial yang terkandung dalam Le Minerale antara lain  kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Kemudian, magnesium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh dan potasium yang berkhasiat untuk membantu fungsi otot dan saraf. 

Apapun konsumsi makanan sehari-hari kamu, pastikan sedia Le Minerale di rumah dan dimanapun kamu berada untuk mengoptimalkan asupan mineral dalam tubuh.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini