Sukses

Daftar Menu Berbuka Puasa Terbaik untuk Tubuh

Dalam menjaga kebugaran tubuh, ada baiknya saat sahur dan berbuka puasa, kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan kaya akan mineral agar memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan suci Ramadan, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa dari fajar hingga maghrib selama satu bulan penuh. Selama berpuasa, kita juga dituntut untuk tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Selain menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa, ada hal yang perlu diperhatikan, salah satunya menjaga kebugaran tubuh. 

Dalam menjaga kebugaran tubuh, ada baiknya saat sahur dan berbuka puasa, kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan kaya akan mineral agar memenuhi kebutuhan energi tubuh. Nah, inilah daftar menu terbaik yang bisa jadi acuan kamu selama menjalankan ibadah puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Mineral

Ada banyak manfaat yang dirasakan ketika kamu memilih air mineral untuk dikonsumsi selama berpuasa. Rutin mengonsumsi air mineral berkualitas saat sahur dan berbuka puasa, akan menggantikan mineral yang hilang saat berpuasa dan membuat konsentrasi beraktivitas lebih optimal saat berpuasa. 

Rekomendasi air mineral berkualitas adalah Le Minerale yang diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral selama berpuasa. Le Minerale dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Le Mineral mengandung mineral alami seperti kalsium, magnesium, sodium, potasium, dan mendapat izin BPOM dan MUI. Jadi, pastikan pilih air mineral berkualitas yang mengandung mineral alami seperti Le Minerale. 

3 dari 4 halaman

Kurma

Kurma adalah salah satu jenis buah asal Timur Tengah yang identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Kurma yang dikonsumsi saat bulan puasa, tinggi serat dan mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga membuatmu lebih cepat merasa kenyang. 

Ketika dikonsumsi saat sahur, buah kurma yang memiliki kandungan glukosa lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa. Tapi tetap jangan berlebihan saat mengonsumsinya ya, cukup 3 saja agar tubuh tidak kelebihan gula.

4 dari 4 halaman

Rebusan Sayur

Saat puasa, kamu dapat mengonsumsi rebusan sayur, seperti kacang panjang atau buncis. Itu karena sayuran yang direbus menjadi sumber vitamin lengkap. Dibandingkan ditumis, ada baiknya kamu mengonsumsi sayuran rebus karena baik untuk pencernaanmu selama seharian berpuasa. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini