Sukses

David Ozora Nikmati Sinar Matahari Pertama di Rumah, Video Call Tim ICU RS Mayapada Sejak Pagi

Diketahui, selama lebih dari sebulan terakhir David Ozora menghabiskan hari-harinya di ruang perawatan ICU RS Mayapada Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Crystalino David Ozora Latumahina akhirnya menikmati sinar matahari pertama di rumah.

Unggahan terkini ayah David Ozora, Jonathan Latumahina, menunjukkan remaja 17 tahun itu tengah berjemur menikmati sinar matahari pagi.

Dalam foto yang diunggah Jonathan, terlihat David Ozora duduk di kursi roda sambil merentangkan kedua tangannya ke atas. David duduk membelakangi arah datangnya sinar mentari.

"Mentari pertama," tulis Jonathan Latumahina mengiringi foto yang diunggah pada Senin, 17 April 2023, pukul 07.36 WIB. 

Informasi terkini mengenai kondisi David itu pun mendapat sambutan hangat warganet. Banyak dari mereka yang menyemangati korban penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo itu untuk segera pulih. 

"Alhamdulillah... Moga David sgr pulih spt sebelumnya," cuit @sav*****. 

"Segera pulih dan sehat ya Vid, membuka lembaran hidup yang baru, tumbuh jadi pemuda yg lebih sehat, sholeh dan hidup penuh keberkahan. Di setiap peristiwa kesedihan selalu di iringi peristiwa bahagia, membuat kita lebih banyak bersyukur dan meyakini kebesaran Allah SWT," ujar @Mac*****. 

Siang ini, David juga kembali mengunjungi RS Mayapada untuk melakukan kontrol. Jonathan Latumahina mengatakan, putranya sudah melakukan video call sejak pagi dengan tim perawat di rumah sakit tersebut. 

"Nunggu jadwal kontrol di RS Mayapada yang perawatnya selalu dikangenin David, pagi2 udah vidcall dengan tim ICU yang 2 bulan kemarin nemenin David. Terimakasih," cuit Jonathan Latumahina. 

Diketahui, selama hampir 2 bulan terakhir David Ozora menghabiskan hari-harinya di ruang perawatan ICU RS Mayapada Jakarta. Kemarin, Minggu, 16 April 2023, David akhirnya diperkenankan melanjutkan perawatan di rumah oleh tim dokter yang merawatnya. 

 

 

2 dari 4 halaman

David Ozora Lanjutkan Perawatan di Rumah

Dokter yang merawat David mengatakan bahwa motorik korban penganiayaan Mario Dandy sudah lebih baik dari sebelumnya.

"Jadi kita pulangkan hari ini pun karena dari segi motorik jauh lebih baik. Kondisinya juga membaik walaupun belum 100 persen normal. Tapi ini sudah jadi membaik dibanding kondisi awal yaitu koma," kata Tatang kepada wartawan, kemarin. 

Tatang, menjelaskan, meski David Ozora sudah diperbolehkan pulang ke rumah akan tetapi mesti harus menjalankan serangkaian treatment.

"Walaupun sudah kita pulangkan hari ini, ini masih membutuhkan treatment yang cukup panjang. Karena dari sisi kognisi atau pikirannya, itu masih membutuhkan latihan dan masih membutuhkan pemulihan," ujar Tatang.

"Dan motorik halusnya masih belum sepenuhnya membaik. Jadi, ini memang masih membutuhkan treatment yang agak cukup panjang, sehingga dia masih pulih," dia menambahkan. 

 

 

3 dari 4 halaman

Aktivitas David Ozora

Tatang memastikan bahwa untuk aktivitas yang sudah bisa dijalankan oleh David Ozora pasca penyembuhan dan perawatan yakni makan, minum, hingga bermain gadget.

"Nah berikutnya, itu dia sudah bisa lakukan aktovitas sehari-hari seperti makan, minum, main HP sudah bisa. Tetapi dari sisi kognisi, masih membutuhkan treatment yang masih butuh jangka waktu panjang," ujarnya.

"Sehingga, dia bisa pulih seperti sebelum terkena koma kemarin," katanya.

4 dari 4 halaman

Perawatan Homecare David Ozora

Perawatan Homecare bagi David Ozora tak ubahnya di Ruang ICU rumah sakit. Penasihat hukum David menjelaskan, ada tim perawat 24 jam, okupasi terapi, fisioterapi, dan terapi wicara. Bahkan peralatan yang ada di ruang ICU pun tersedia di rumah.

"Pemberlakukan Homecare ini sama dgn ICU, yaitu Tim perawat 24 jam, okupasi terapi, fisioterapi, terapi wicara," jelas penasihat hukum David Ozora, Mellisa Anggraini, MH, dalam cuitannya kemarin. 

Bahkan, Mellisa menyebut, peralatan yang ada di ruang ICU pun tersedia di rumah.

"Bed standar RS, oksigen dan monitor EKG, krn msh masuk penanganan HCU maka David masih akan dipantau scr ketat oleh Tim RS Mayapada," lanjutnya. 

Mellisa juga meminta warganet untuk mendoakan David agar kemampuan kognitifnya semakin membaik.Â