Sukses

Viral Akun Namanya Juag Penerus Awbimax Reborn dari Sukabumi, Bahas Jembatan Tua Penghubung Antar Desa yang Rusak dan Ringkih

Akun Namanya Juag yang membahas jembatan di Kabupaten Sukabumi disebut sebagai penerus Awbimax Reborn kedua

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kritik Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro terkait jalanan Lampung viral, muncul sosok lainnya yang ikut membahas kondisi jalan dan jembatan penghubung antar desa dari Kabupaten Sukabumi.

Wanita dengan pengikut hampir dua juta di TikTok tersebut viral membagikan kondisi jalanan dan jembatan di Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Warungkiara yang sudah ringkih dan amat berbahaya untuk dilewati.

"Nyawa saya tergantung pada kekuatan tambang ini. Rame banget jalan rusak. Kalau boleh curhat bapak ibu, jalan di tempat saya juga begitu," ujar wanita yang akrab disapa Juag mengutip video unggahnya pada akun TikTok 'Namanya Juag' atau @namanyajuag pada Rabu (19/4/2023).

"Salah satu ketakutan saya kalau pulang kampung adalah jalannya. Apalagi kalau musim hujan. Sebelum memasuki jalan yang bajred (rusak), perjalanan ke rumah saya itu melewati jembatan gantung seperti ini," dia menambahkan.

Viral Namanya Juag tentang Jembatan Disebut Simulasi Sirotol Mustaqim

Juag mengungkapkan bahwa dirinya menyebut jembatan yang berada di Kecamatan Warungkiara, Sukabumi satu ini sebagai simulasi sirotol mustaqim atau jembatan yang harus dilalui ketika berada di akhirat.

"Biasanya saya sebut jembatan simulasi sirotol mustaqim --- Ini tuh jalan utama penghubung beberapa desa. Alasnya tuh kayu seperti ini. Bayangin kalau hujan," kata Juag sambil menyertakan foto jembatannya.

Menurut wanita yang disebut-sebut sebagai Bima Yudho Saputro selanjutnya itu, akan sangat berbahaya jika ada yang tergelincir saat melewati jembatan tersebut ketika musim hujan. Apalagi beberapa bagiannya sudah copot.

"Gimana saya tidak dag dig dug kalau pulang? Nih, keadaannya sekarang. Besinya sudah tua, sudah putus, dan kalau putus ditalinya pakai tambang. Dah kalau lewat mobil, cekat cekit cekat cekit. Hmm," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Namanya Juag Cerita Mobil Motor Lewat di Jembatan Harus Bergantian

Lebih lanjut Juag mengungkapkan bahwa saat ada motor atau mobil yang lewat pun, pengendara harus bergantian. Mengingat jembatan itu sempit dan usianya sudah sangat tua. Sehingga tak heran bila menjadi sangat ringkih.

"Kalau lewat juga ya ini motor maupun mobil, gantian sekali ewang. Selain sempit, reon ini teh sudah tua bangka," kata Juag.

Juag menambahkan bahwa dirinya sendiri tak heran bila jembatan itu keropos. Sebab, jembatan tersebut sudah dibangun sejak tahun 1932 dan tidak pernah direnovasi total.

"Ya, gimana enggak keropos? Dia itu dibangun pada tahun 1932, dan sampai saat ini belum mendapatkan renovasi ataupun mendapatkan perhatian dari pemerintah secara total gitu. Ya kunjungan sih kunjungan, ya pernah. Tapi sampai sekarang enggak ada kabar," ujar Juag.

3 dari 4 halaman

Cerita Namanya Juag, Jalanan Utama Penuh Tanah Merah dan Becek di Sukabumi

Juag turut menyertakan kondisi jalanan utama yang memprihatinkan di Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Warungkiara. Terlihat jalanan yang harus dilewati masyarakat di sana masih penuh dengan tanah merah dan becek.

"Ini jalanan utamanya nih, yang mau nurunin berat badan ke sini saja. Soalnya berasa kardio, bergetar seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki," kata Juag.

Selain itu, terlihat pula banyak jalanan yang bolong-bolong. Juag menambahkan kondisi akan lebih parah lagi saat tengah terjadi longsor.

"Belum lagi ieu kalau longsor tuh lihat. Lumer, sudah kayak cokelat s****r q***n ini mah. Hmm, lezat dan bergizi. Kalaupun dibenerin ya, diaspal, aspalnya tuh cuma bertahan sebulan dua bulan. Maksimal empat bulan, karena luntur kebawa air hujan. Ada aspal begitu? Iya," Juag menambahkan.

4 dari 4 halaman

Warganet Sebut Juag Awbimax Reborn Cabang Sukabumi

Video yang diunggah Juag mendapatkan respons dari begitu banyak warganet. Hingga tulisan ini dipublikasikan, videonya sudah ditonton dua juta kali oleh pengguna TikTok.

Bahkan, setidaknya hampir 250 ribu pengguna TikTok ikut menyukai video tersebut dan ada lebih dari empat ratus komentar bertengger di sana.

"Jadi bima part 2 aja ga si?" ujar seorang warganet.

"Viralkan gengs," sambung warganet lainnya.

Ada pula warganet yang menandai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam unggahan milik Juag. Beberapa diantaranya meminta Ridwan Kamil membenahi jalanan milik warga Kecamatan Warungkiara ini.

"Gimana ini pak gub @ridwankamil.official," kata pemilik akun @a***6.

"@ridwankamil.official dibenerin kali pak atuh," ujar akun @h***d.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.