Sukses

Sering Mati Rasa di Mulut Ciri Terkena Kanker Lidah

Kanker lidah adalah jenis kanker mulut atau orofaringeal dan sering dikelompokkan ke dalam salah satu kategori ini oleh para ahli medis.

Kanker lidah adalah jenis kanker mulut atau orofaringeal dan sering dikelompokkan ke dalam salah satu kategori ini oleh para ahli medis.

Kanker biasa terjadi ketika sel-sel Anda berkembang dengan cara yang tidak menentu dan abnormal, khusus, atau bahkan cenderung tumbuh lebih cepat. Banyak faktor yang dapat menyebabkan atau meningkatkan seseorang risiko terkena kanker.

Penyebab

Beberapa hal yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lidah meliputi :

  • Penggunaan tembakau
  • Penggunaan alkohol
  • Infeksi human papillomavirus (HPV)
  • Genetik tertentu berpa anemia
  • Suatu kondisi yang disebut Graft Versus Host Disease, yang biasanya terjadi pada beberapa pasien yang menjalani transplantasi sel induk.

Setidaknya, satu studi tersebut telah menunjukkan periodontitis kronis yang dapat meningkatkan risiko kanker lidah pada pria. Hal ini perlu diverifikasi melalui penelitian lebih lanjut.

Gejala

Ada pun gejala dari kanker lidah tersebut meliputi :

  • Kesulitan menelan
  • Merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan Anda
  • Sakit tenggorokan
  • Tambalan di lidah berwarna putih atau merah
  • Perasaan mati rasa pada mulut
  • Pendarahan yang berasal dari lidah

Kanker lidah biasanya dirawat dalam beberapa cara. Perlakuan atau penangan yang tepat tidak sama untuk setiap pasien. Jika kanker lidah tertangkap sangat awal, kemungkinan hanya memerlukan pengobatan dengan cara bedah.

Pengobatan

Seperti dilansir MayoClinic, Selasa (5/3/2013) ada beberapa cara pengobatan untuk kanker lidah.

1. Beda

Di Mayo Clinic disebutkan bedah tersebut biasanya menggunakan bedah robotik transoral, teknik minimal invasif untuk tepat menyembuhkan kanker lidah, mengurangi cedera pada jaringan yang sehat di sekitarnya dan memperpendek waktu pemulihan dibandingkan dengan operasi yang dilakukan secara tradisional.

2. Kemoterapi

Kemoterapi dapat diberikan, tergantung pada ukuran kankernya tersebut. Apakah telah menyebar ke kelenjar getah bening atau jika telah menyerang organ yang berdekatan dengan yang lainnya.

3. Terapi obat


Para ahli di Mayo Clinic dapat menggunakan terapi obat yang ditargetkan, seperti antibodi monoklonal, yang dapat mengganggu penyebaran dan pertumbuhan sel-sel kanker lidah tertentu

4. Bedah rekonstruksi

Ketika beda ini diperlukan, ahli beda plastik dan rekonstruksi, doter bedah kepala dan leher, dan spesialis lainnya bekerja sama untuk mengembalikan penampilan fisik dan fungsi lidah dan organ sekitarnya.

5. Rehabilitasi


Jika Anda memerlukan operasi yang meluas atau terapi radiasi, terapi fisik dan okupasi membantu Anda memperoleh kembali fungsi berbicara Anda dan fungsi menelan Anda.

(Adt/Igw)
    Video Terkini