Sukses

Makna di Balik Potret Putri Anne yang Sebelahan dengan Raja Charles III Usai Penobatan, Lebih Berharga Ketimbang Pangeran Harry?

Putri Anne berdiri tepat di sebelah Raja Charles III dalam potret resmi pertama yang dirilis usai penobatan.

Liputan6.com, Jakarta - Momen penobatan Raja Charles III pada Sabtu, 6 Mei 2023 yang berlangsung di Westminster Abbey, London, sudah terlewati. Potret resmi dalam momen bersejarah untuk Kerajaan Inggris pun akhirnya telah rilis.

Selain absennya kehadiran Pangeran Harry dan Pangeran Andrew, ada hal lain yang turut mencuri perhatian. Seperti, posisi Putri Anne tepat di sebelah Raja Charles III dalam potret tersebut.

Pakar kerajaan Richard Fitzwilliams menuturkan bahwa potret resmi pertama Raja Charles III setelah penobatan itu menunjukkan betapa raja dikelilingi oleh orang-orang yang dapat dia andalkan.

"Kedekatan Putri Anne dengan Raja Charles III dalam potret grup bukan kebetulan. Itu menambahkan fakta bahwa dia adalah orang yang berpengalaman dan pekerja keras, yang akan diperhatikan oleh Charles," kata Richard mengutip keterangannya pada DailyMail, Selasa (9/5/2023). 

Posisi Putri Anne Saudara Raja Charles III Sangat Dihargai

Richard mengungkapkan Anne, seorang putri kerajaan yang diposisikan di sebelah saudara laki-lakinya Raja Charles III menjadi sosok paling penting dan menunjukkan bahwa Raja Charles III akan sangat menghargai dan mengandalkannya.

"Kedekatan Putri Anne dan Raja Charles III, itu bukan kebetulan. Dia (Putri Anne) berpengalaman dan pekerja keras," kata Richard.

"Anne sudah lama melakukannya, dia tahu segala seluk-beluknya. Raja tahu betapa populernya dia, jadi bukan kebetulan saudara perempuannya di tempatkan sebelahan dengannya pada potret resmi pertama itu," dia menambahkan.

2 dari 4 halaman

Peran Putri Anne dalam Hidup Raja Charles III

Lebih lanjut Richard menegaskan kembali bahwasanya potret grup pertama itu menunjukkan jikalau Raja Charles III begitu menghormati dan bergantung pada Putri Anne.

"Ini menunjukkan betapa dia menghargainya dan betapa dia akan bergantung padanya, dia sangat populer dan memiliki profil tinggi. Orang-orang tahu siapa dia dan menghormatinya, itu sangat penting," ujar Richard.

"Untuk mereka yang absen, semua orang tahu alasannya," sambung Richard merespons ketidakhadiran anggota keluarga lain seperti Pangeran Harry dan Pangeran Andrew dalam potret keluarga tersebut.

Richard menambahkan, Camilla juga nampak lebih santai dan nyaman dalam saat foto untuk grup resmi ini. Sebab, sebelumnya saat upacara penobatan di Westminster Abbey, Camilla dianggap nampak lebih tegang.

"(Camilla) lebih santai dan nyaman," kata Richard menanggapi foto Camilla menggunakan mahkota barunya.

3 dari 4 halaman

Potret Resmi Usai Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla

Sementara fotografer yang mengambil potret itu di Istana Buckingham, Hugo Burnand mengungkapkan bahwa foto itu adalah momen keluarga. Ia berupaya membuat potret itu terlihat bagus dan nyaman.

Seperti diketahui, Hugo Burnand telah menjadi fotografer kerajaan selama lebih dari dua dekade. Bahkan, dahulu, foto pernikahan Charles dan Camilla di Kastil Windsor tahun 2005 juga diambil oleh Hugo Burnand.

Begitupun saat Pangeran William dan Kate Middleton menikah di Istana Buckingham pada tahun 2011 dengan Hugo Burnand sebagai fotografernya.

4 dari 4 halaman

Foto Resmi Lain Usai Penobatan Raja Charles III

Selain dalam bentuk grup, foto resmi Kerajaan Inggris lainnya yang dirilis usai penobatan menunjukkan Raja Charles III yang duduk di kursi berwarna merah.

Dia menghadap ke arah kamera dengan jubah bernuansa putih, ungu, dan sedikit warna kekuningan.

Dalam potret itu, Charles menggenggam sebuah tongkat kerajaan di tangan kanan dan Orb di tangan kirinya.

Tak lupa, Raja Charles III pun menggunakan mahkota yang kini telah sah menjadi miliknya.