Sukses

9 Fakta Tak Terduga dari Keluarga Kerajaan Inggris, Mulai dari Pernah Pinjam Perhiasaan hingga Larangan Makan Kerang

Banyak hal di Kerajaan Inggris yang menghadirkan banyak kejutan. Mulai dari aturan dan sejarah kerajaan hingga kehidupan personal anggota Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman yang sudah makin modern, keluarga Kerajaan Inggris memiliki banyak aturan dan tradisi. Namun, banyak pula hal yang terjadi di dalamnya yang tak biasa.

Mulai dari aturan dan sejarah kerajaan hingga kehidupan personal anggota Kerajaan Inggris. Apa saja fakta unik Kerajaan Inggris dan kehidupan personal anggotanya? 

Semua Anggota Kerajaan Punya Nama Belakang

Sebelum tahun 1917, keluarga Kerajaan Inggris tidak memiliki nama keluarga, dan hanya dikenal dengan nama dinasti atau keluarga yang mereka miliki. Namun, Raja George V menetapkan Windsor sebagai nama keluarga resmi.

Ketika Ratu Elizabeth memimpin, ia dan Pangeran Philip ingin keturunan mereka (kecuali yang memiliki gelar kerajaan seperti Yang Mulia, Pangeran, atau Putri) menggunakan nama belakang Mountbatten-Windsor.

Ini digunakan sebagai representasi hubungan mereka dengan Keluarga Windsor, seperti melansir Insider.

Raja Charles Sempat Berkencan dengan Saudari Putri Diana

Raja Charles III dan Putri Diana tidak hanya memiliki selisih usia 12 tahun, tetapi Charles sebenarnya pernah sempat berkencan saudari Diana yang bernama Sarah.

Namun, karena itu Charles bertemu dengan Diana dan akhirnya memutuskan untuk berpacaran dengan Diana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Boleh Makan Kerang

Salah satu aturan Kerajaan Inggris yang bisa bikin geleng-geleng kepala adalah anggota kerajaan tak diperbolehkan makan kerang.

Beberapa anggota keluarga mungkin tidak selalu mematuhi aturan ini dengan ketat. Namun, aturan ini merupakan tindakan pencegahan agar tidak ada yang menderita keracunan makanan yang buruk. Lebih baik mencegah daripada menyesal.

Pangeran William Jatuh Cinta Gara-Gara Lihat Kate Middleton di Catwalk

Pangeran William dan Kate Middleton memulai kisah cinta kerajaan mereka di Universitas St Andrews.

Kate berhasil mencuri hati William di atas panggung catwalk saat acara fashion show amal pada tahun 2002, seperti yang dilaporkan oleh Evening Standard.

Gaun tersebut kemudian dilelang pada acara Passion for Fashion di La Galleria, London, pada tahun 2011.

 

Anggota Kerajaan Merespons Pesan Penggemar

Jika Anda ingin mengirim pesan kepada anggota keluarga kerajaan, ada kemungkinan Anda akan mendapatkan balasan. Beberapa penggemar telah menerima balasan dari anggota keluarga, bahkan dengan sentuhan personalisasi.

3 dari 4 halaman

Tak Boleh Disentuh Orang Lain Tanpa Izin

Michelle Obama, mantan Ibu Negara Amerika Serikat, pernah melanggar aturan ini pada tahun 2009 saat KTT G20. Namun, Ratu Elizabeth II tidak terlalu keberatan.

Biasanya, setiap orang yang berinteraksi dengan anggota keluarga kerajaan diharapkan menunggu sampai Yang Mulia memulai jabat tangan, dan hanya itu yang diizinkan sebagai kontak fisik.

Kerajaan Pernah Sewa Perhiasan untuk Penobatan

Keluarga Kerajaan memiliki sebuah mahkota khusus, mahkota St. Edward, yang hanya digunakan untuk upacara penobatan, sehingga mereka dapat menjaganya selama berabad-abad.

Pada tahun 1911, mahkota tersebut akhirnya dipermanenkan dengan berlian-berlian berharga. Namun, sebelumnya istana menyewakan perhiasan untuk setiap penguasa baru, menurut Newsweek.

Menurut situs web Historic Royal Palaces, dari tahun 1661 hingga awal abad ke-20, mahkota ini hanya dihiasi dengan permata yang disewa, yang dikembalikan setelah upacara penobatan.

"Pada tahun 1911, mahkota St Edward's dipermanenkan dengan batu-batu setengah berharga untuk penobatan George V.”

4 dari 4 halaman

Pangeran Harry Sempat Jadi Koboi

Pangeran Harry sudah lama terkenal karena karier militernya.

Namun, sebelum bergabung dengan tentara, ia mengawali pengalamannya sebagai "Jackaroo" atau koboi di sebuah peternakan di Australia saat ia mengambil masa liburan pada tahun 2003.

Ratu Elizabeth dan Suaminya Ternyata Sepupu

Pohon keluarga kerajaan memiliki banyak cabang dan meluas hingga beberapa generasi, sehingga beberapa anggotanya memiliki hubungan keluarga yang jauh. Hal ini juga terjadi pada Ratu dan Pangeran Philip, yang sebenarnya adalah sepupu ketiga.

Ratu Victoria dan Pangeran Albert adalah kakek-nenek buyut mereka, yang menikah pada tahun 1840 dan merupakan sepupu pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.