Sukses

Penyanyi Trot Haesoo Meninggal Dunia di Usia 29, Sempat Tinggalkan Surat Terakhir

Penyanyi trot Korea Selatan, Haesoo, ditemukan meninggal dunia. Diduga bunuh diri, sang penyanyi muda meninggalkan surat terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Duka kembali menyelimuti industri hiburan Korea Selatan. Seorang penyanyi trot, Haesoo, ditemukan meninggal dunia pada Senin, 15 Mei 2023 lalu.

Kepolisian Korea Selatan melaporkan wanita berusia 29 tahun tersebut ditemukan tewas di sebuah hotel. 

Seorang perwakilan dari pihak Haesoo, juga mengonfirmasi kabar ini melalui fan cafe Haesoopia, sarana penggemar penyanyi trot ini untuk berinteraksi secara daring. 

“Kami merasa menyesal harus menyampaikan berita yang memilukan dan menyedihkan ini. Haesoo meninggalkan sisi kita dan menjadi cahaya di lautan yang luas. Haesoo adalah orang yang hangat, yang tahu bagaimana memberikan cinta kepada orang-orang di sekitarnya, berbagi kasih sayang, dan menerimanya. Keluarganya yang berduka, serta kenalan dan koleganya, semuanya berkabung dengan berat hati setelah diberitahu tentang berita sedih yang tiba-tiba,” tulis pihak Haesoo dalam keterangan resmi.

Ketika menemukan tubuh Haesoo, polisi juga menemukan secarik kertas berisi surat terakhir dari sang penyanyi muda, seperti melansir Naver.

Ada Jadwal Manggung

Mendiang Haesoo dilaporkan seharusnya akan tampil di panggung acara Gwanjumyeon People’s Day di Wanju-gun, Jeolla Utara pada 20 Mei mendatang. 

Pada awal tahun ini, Haesoo juga baru mendapat banyak perhatian publik berkat suara indahnya. Tepatnya, setelah sang penyanyi trot menunjukan kemampuannya dalam program kontes musik Immortal Song di KBS 2TV.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dalam Unggahan Terakhirnya, Haesoo Mengaku Bahagia

Usai kabar meninggal dunia disampaikan ke publik, unggahan terakhir Haesoo lewat Instagram pribadinya, @hellohaesoo menjadi sorotan.

Wanita bernama asli Kim Ara terakhir mengunggah foto dirinya pada Kamis, 11 Mei 2023. Dalam keterangan caption, Haesoo mengungkapkan bahwa hari itu dia sangat bahagia karena menerima dukungan dari penggemarnya.

“Hari ini KBS AM Plaza. Dukungan dari Haesoopia (fandom Haesoo) memberikanku kekuatan yang sangat besar. Terima kasih banyak. Lunch box yang sangat lucu dan cantik dengan bunga. Hari ini aku sangat bahagia," tulisnya.

Warganet Sedih, Sebut Industri K-Pop Harus Melakukan Sesuatu

Mendengar kabar ini, sontak penggemar dan warganet turut berduka. Mengingat kepergian Moonbin ASTRO yang juga belum lama, beberapa warganet menyebut ada yang harus berubah dari industri K-Pop.

 “Harus ada yang dilakukan di industri ini untuk mencegah banyak kematian ini. Terlalu banyak orang yang meninggal dengan cara yang memilukan ini,” kicau akun @kic****82 disukai lebih dari 7 ribu orang.

 “Ayo serius sekarang, apa yang terjadi di industri hiburan Korea?” akun @*****ny19781351 turut mempertanyakan.

3 dari 4 halaman

Profil Haesoo, Sudah Fokus Mengejar Karier Musik Trot Sejak Kuliah

Haesoo disebut mulai jatuh pada musik trot setelah terinspirasi oleh penyanyi legendaris, Joo Hyun Mi.

Setelah itu, perjalanan Haesoo menjadi seorang penyanyi trot bermula ketika ia berlatih di Pansori, Korea National University of Arts di Seoul yang terkenal salah satu universitas bergengsi di Korea Selatan.

Sejak itu, ia telah fokus dan mantap untuk berkarier menjadi penyanyi trot.

Pertama kali muncul dan debut pada tahun 2019, Haesoo memulai karirnya dengan membawakan album “My Life, Me”. Selanjutnya, pada tahun 2021, ia merilis album keduanya “Kongmuni”. Sejak saat itu, karier Haesoo di bidang tarik suara semakin meningkat.

Dengan vokal dan bakat yang luar biasa, Haesoo banyak memikat pecinta musik trot di Korea. Ia sempat tampil dalam beberapa program, seperti The Trot Show, Gayo Stage, AM Plaza, dan Hangout With Yoo.

4 dari 4 halaman

Mengenai Musik Trot

Trot, genre musik Haesoo, adalah genre musik Korea yang paling populer di kalangan generasi yang lebih tua, seperti melansir Linguasia.

Nama ‘trot’ adalah variasi singkat dari "foxtrot", yang mempengaruhi trot dengan elemen dua ketukannya.

Musik trot dikenal dengan tempo yang ceria, ritme yang berulang, dan infleksi vokal. Kini, trot telah dipengaruhi oleh berbagai genre musik Korea, Jepang, AS, dan Eropa.

Lagu-lagu trot sering kali dapat didengar di kios perhentian Korea Selatan. Hampir setiap kali warga Korea mengemudi atau naik bus dengan perjalanan relatif jauh, mereka pasti mendengar musik trot. Bahkan, trot disebut bagaikan “soundtrack” dari perjalanan darat.

 

 

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.