Sukses

Profil Tina Turner, Diva Rock n Roll Penyintas KDRT yang Harus Transplantasi Organ Akibat Gagal Ginjal Sebelum Akhirnya Meninggal Dunia

Profil Tina Turner seorang penyanyi legendaris yang meninggal dunia kemarin

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Rock n Roll legendaris, Tina Turner meninggal dunia di umur 83 tahun setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya.

Dia meninggal di rumahnya yang terletak di Zurich, Swiss pada Rabu, 24 Mei 2023 waktu setempat. Berita Tina Turner meninggal dikonfirmasi publisisnya, Bernard Doherty.

"Tina Turner sang 'Ratu Rock n Roll' telah meninggal dalam damai di umur 83 tahun setelah menderita penyakit yang panjang, di rumahnya yang berada di Kusnacht dekat dengan Zurich, Swiss," kata Bernard dikutip dari People pada Kamis 25 Mei 2023.

Lebih lanjut Bernard, mengumumkan bahwa pemakaman Tina Turner akan digelar secara private dan hanya dihadiri orang-orang terdekat sang legenda.

"Mohon hargai privasi keluarganya," ujarnya.

Tina Turner sejak 1994 memilih menetap di Swiss bersama sang suami yang merupakan seorang aktor dan produser musik asal Jerman, Erwin Bach.

Tina kemudian mengantongi kewarganegaraan Swiss pada 2013.

Sebelum akhirnya meninggal dunia, Tina Turner diketahui tengah berjuang melawan penyakit yang dideritanya, seperti stroke, kanker usus, dan gagal ginjal.

Bahkan gara-gara gagal ginjal ini, wanita kelahiran 26 November 1939 membutuhkan transplantasi organ.

Profil Tina Turner dan Kehidupan Pribadinya

Tina Turner lahir dari keluarga petani bagi hasil di pedesaan Tennessee. Dia mulai bernyanyi saat remaja dan, setelah pindah ke St. Louis , Missouri, membenamkan dirinya dalam kancah rythm and blues.

Tina kemudian bertemu dengan Ike Turner saat tampil bersama bandnya, the Kings of Rhythm pada 1956. Tina pun bergabung dan mulai tampil sebagai 'Tina Turner'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tina Turner, Penyanyi Rock n Roll Penyintas KDRT

Empat tahun kemudian, dengan nama 'Ike and Tina Turner Revue', mereka mendulang popularitas berkat 'A Fool in Love' yang menjuarai tangga lagu pop.

Cinta lokasi pun terjadi pada Ike dan Tina. Keduanya disebut-sebut menikah pada 1962 meski saat bercerai pada 1977 Ike mengklaim bahwa keduanya tidak pernah menikah secara resmi dan sah.

Sebelum bercerai, hits-hits populer berhasil mereka ciptakan. Phil Spector --- album yang diproduksi River Depp Mountain High (1966) menjadi hit di Eropa.

Hit terakhir Ike dan Tina sebagai pasangan, seperti dikutip dari situs Britannica pada Kamis 25 Mei 2023, adalah versi sampul Creedence Clearwater Revival 'Proud Marry (1971)' dan 'Nutbush City Limits (1973)'.

Tina menceraikan Ike lantaran suaminya disebut kerap melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) selama pernikahan.

Trauma mendalam pun dirasakannya bertahun-tahun.

 

 

3 dari 3 halaman

Oprah Bersedih Tina Turner Meninggal Dunia

Kabar Tina Turner meninggal dunia langsung menuai belasungkawa dari masyarakat, termasuk pesohor dan tokoh dunia. Salah satunya adalah Oprah Winfrey.

Oprah mengaku awalnya ia adalah seorang penggemar Tina Turner bahkan groupie yang mengikuti pertunjukan sang diva dari panggung ke panggung. Namun pada akhirnya, mereka menjadi teman.

"Selamanya, ia adalah seorang dewi rock n’ roll yang memiliki kekuatan jiwa yang besar, yang ia tumbuhkan selama hidupnya. Ia tak hanya seorang panutan untuk diriku, tapi juga dunia," tulis Oprah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.