Sukses

Kemenkes Terima Laporan 2 Suspek Kasus Antraks di Gunungkidul Meninggal Usai Makan Ternak Sapi Mati

Pelaporan kasus antraks di Gunungkidul dengan dua suspek meninggal dunia usai mengonsumsi daging dari ternak sapi yang mati.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan adanya temuan dua suspek kasus antraks di Gunungkidul, DI Yogyakarta yang meninggal dunia. Kasus meninggal tersebut diketahui setelah keduanya mengonsumsi daging dari ternak sapi yang mati.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengkonfirmasi adanya kasus kematian yang diduga tertular antraks. Keduanya berdomisili di Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Laporan ini diterima Kemenkes dengan kejadian temuan kasus tertanggal 23 Juni 2023.

"Ini kasus pertama di tahun ini dan masih suspek karena masih pemeriksaan lab," kata Maxi dalam keterangan yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 4 Juli 2023.

Kaku di Leher bagian Belakang

Kasus suspek pertama yang meninggal merupakan seorang lansia berusia 73 tahun. Ia mengeluhkan gejala mengalami demam, pusing, dan batuk pada 29 Mei 2023 dan sempat dirawat di rumah sakit setempat pada 1 Juni 2023.

Lansia tersebut dirujuk ke rumah sakit karena mengalami kaku leher bagian belakang. Kemudian tanggal 4 Juni 2023 meninggal dunia.

Dugaan penularan antraks sejauh ini mengarah pada sapi di warga sekitar yang mati. Sapi yang mati tersebut akhirnya disembelih bersama-sama dan dagingnya dibagikan ke warga sekitar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mual dan Badan Membengkak

Kasus suspek kedua antraks di Gunungkidul merupakan lansia berusia 78 tahun. Pada awalnya, ia mengeluhkan mual dan badan membengkak.

Sebagaimana laporan yang diterima Kemenkes, lansia ini juga mengonsumsi daging sapi yang sama seperti pada kasus suspek berusia 73 tahun. Sayangnya, pada tanggal 29 Mei 2023 saat dirawat di rumah sakit setempat.

Namun, nyawanya tak tertolong. Ia mengembuskan napas terakhir pada tanggal 29 Mei 2023.

3 dari 4 halaman

Pengambilan Sampel Darah

Adanya temuan dua kasus suspek antraks di Gunungkidul, terdapat 11 orang yang mengonsumsi daging dari ternak sapi yang mati.

"Semuanya sudah dilakukan pengambilan sampel darah," terang Maxi Rein Rondonuwu.

Adapun tindakan yang sudah dilakukan menyikapi suspek antraks di Gunungkidul, antara lain penyelidikan epidemiologi, pengobatan, pengambilan dan pemeriksaan spesimen.

Tindakan yang diyakini perlu dilakukan, yakni:

  • Lakukan surveilans aktif pada manusia dan hewan
  • Koordinasi dengan disnak
  • Pelacakan kasus tambahan
4 dari 4 halaman

Konsumsi Daging Sapi Terindikasi Antraks

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengungkapkan temuan penularan antraks dari ternak ke manusia di Kapanewon Semanu.

Kabar ini diketahui setelah ada laporan dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta.

"Jadi ada warga Gunungkidul yang dirawat karena Antraks pada 1 Juni 2023, lalu meninggal dunia pada 4 Juni 2023," jelas Dewi dalam keterangannya, Selasa (4/7/2023).

Laporan diterima Dinkes Gunungkidul pada 2 Juni 2023 saat yang bersangkutan masih dirawat. Warga yang diketahui berumur 73 tahun tersebut berasal dari Pedukuhan Jati, Kalurahan Candirejo, Semanu.

Dari laporannya, ia ikut menyembelih dan mengonsumsi daging sapi yang terindikasi antraks. Dinkes Gunungkidul langsung bergerak cepat melakukan penelusuran ke warga Jati.

Sampel darah warga sekitar di Semanu pun diambil untuk diperiksa lebih lanjut di BBTKLPP Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini