Sukses

Veti Gel, Cepat Bekukan Darah dalam Beberapa Detik

Veti Gel, obat antipendarahan ditemukan seorang mahasiswa Universitas New York. Menutup luka dengan cepat dalam hitungan detik

Mahasiswa 25 tahun dari New York University menemukan obat antipendarahan yang bisa menutup luka dalam hitungan detik. Dan Regulasi Kesehatan Amerika (FDA) sudah menyetujui obat ini untuk siap dipasarkan.

Obat antipendarahan yang disebut Veti Gel ini merupakan produk medis baru yang dirancang untuk membantu menutup luka dengan cepat dan menghentikan pendarahan besar.

Joe Landolina, seorang mahasiswa tahun ketiga di jurusan Politeknik New York University ini membantu menemukan senyawa dalam veti gel.

"Veti gel sudah diteliti dapat mempercepat penutupan luka secara alami bahkan hingga ke arteri atau organ internal, dalam hitungan detik, kata Landolina, seperti dikutip Nydailynews, Rabu (20/3/2013).

Menurut Landolina, obat ini bukan hanya menghentikan pendarahan, tetapi juga melakukan proses penyembuhan," jelasnya.

Veti gel dibuat dari sejenis senyawa nabati sintetis dalam darah yang memicu pembekuan. Cara ini meniru mekanisme penyembuhan mandiri oleh tubuh dengan menutup luka ke jaringan lunak di tubuh.

Setelah diteliti juga ternyata tubuh menerima bahan kimia sintetik ini secara alami yang memungkinkan gel untuk menutupi luka dengan cepat.
 
Produk ini telah disetujui untuk dipasarkan oleh Regulasi Kesehatan Amerika karena Veti gel dipercaya bisa mengaktifkan proses pembekuan tubuh sendiri.

Dalam sebuah tes yang ditunjukkan di sebuah video, Landolina dan rekan-rekannya mampu menutup luka hati tikus dan arteri karotis.

Menurut peneliti, obat ini memberikan harapan kalu sebuah produk akhirnya dapat digunakan dalam pengaturan bedah untuk mengurangi pendarahan yang parah. (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini