Sukses

Kenalan dengan Quokka, Hewan Paling Bahagia Sedunia yang Selalu Tersenyum

Quokka disebut hewan yang paling bahagia karena selalu tersenyum. Hewan satu ini juga ramah dan penuh rasa ingin tahu.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara berbagai jenis hewan yang ada di muka bumi ini, tahukah Anda hewan apa yang paling bahagia? Jawabannya adalah quokka. Hewan marsupial atau mamalia berkantung khas Australia ini mungkin masih terasa asing di telinga Anda. Namun, sekali melihat gambarnya, Anda akan langsung terpana dengan keimutannya.

Quokka adalah marsupial kecil seukuran kucing yang dikenal karena sifatnya yang selalu ingin tahu dan ekspresi wajah yang ceria. Mengutip dari Perth Zoo, quokka tergolong salah satu spesies walabi paling kecil di Australia.

"Quokka selalu terlihat seperti tersenyum," ucap Sally Hollis dari Rottnest Foundation kepada Reader's Digest. "Oleh karena itu, quokka disebut sebagai 'hewan paling bahagia di muka bumi.'"

Quokka pertama kali ditemukan di Pulau Rottnest, Australia oleh penjelajah Belanda Willem de Vlamingh yang kala itu menghabiskan 6 hari di pulau tersebut pada tahun 1696. Dia salah mengira quokka sebagai tikus raksasa dan menamai pulau itu Eylandt Rottenest (Rats Nest Island, yang sekarang disebut Rottnest Island atau Pulau Rottnest). Populasi quokka pun paling banyak ditemukan di pulau tersebut.

Sebab Pulau Rottnest bebas dari predator alami seperti rubah atau kucing liar, quokka bisa hidup nyaman di pulau tersebut.

Secara fisik, quokka memiliki bulu berwarna abu-abu coklat, hidung yang menyerupai kancing hitam dan telinga bulat berbulu, yang membuatnya terlihat seperti boneka. Ekornya relatif pendek dan sebagian besar tidak memiliki rambut. Sebaliknya, rambut di kaki quokka memanjang hingga menutupi cakarnya.

Quokka memiliki berat sekitar 2 hingga 5 kilogram, dengan panjang mencapai 54 sentimeter. Sama halnya dengan kanguru yang juga masih merupakan kerabatnya, quokka melompat, dan induk quokka membawa bayinya dalam kantong. Selain melompat, quokka juga pandai memanjat pohon untuk mendapatkan makanan.

2 dari 4 halaman

Herbivora yang Aktif di Malam Hari

Quokka lebih menyukai iklim yang hangat tetapi dapat beradaptasi dengan berbagai musim di Rottnest Island. Quokka adalah pemakan tumbuhan atau herbivora. Menguip dari Australian Museum, quokka digambarkan sebagai herbivora yang menyukai berbagai rumput dan daun, salah satunya adalah tanaman dari spesies Thomasia.

Quokka paling aktif di malam hari (nokturnal), biasanya makan sendiri atau dalam kelompok kecil. Kendati demikian, mereka dapat bertahan hidup untuk waktu yang cukup lama tanpa makanan atau air.

Apakah Quokka Benar-Benar Bahagia atau Hanya Bentuk Wajahnya Saja?

Para pakar mengatakan bahwa quokka alasan quokka tampak seperti tersenyum mungkin lebih berkaitan dengan struktur wajah daripada perasaannya yang sebenarnya. Senyuman quokka yang menggemaskan itu sebenarnya hanyalah ekspresi wajah normalnya, tutur Hollis.

Mulut quokka berbentuk sedemikian rupa sehingga selalu terlihat seperti tersenyum. Selain itu, ketika quokka menjulurkan lidahnya, itu berarti ia sedang rileks dan santai. Namun, tetap saja, "quokka terlihat sangat senang ketika dielus oleh turis, jadi mungkin mereka benar-benar bahagia," jelas Hollis.

3 dari 4 halaman

Apakah Quokka Ramah?

Tak hanya menggemaskan dan murah senyum, marsupial satu ini juga dikenal sangat ramah. "Quokka di Rottnest Island sangat ramah dan selalu ingin tahu, karena mereka sudah terbiasa dengan orang-orang dan tidak merasa terancam," tutur Hollis.

"Mereka ramah dan suka melompat ke arah Anda untuk menyapa." Karena sifatnya yang selalu ingin tahu, quokka bahkan seringkali terlihat dalam selfie para turis yang berkunjung karena mereka tertarik dengan kamera. Tanpa predator alami di pulau Rottnest, quokka merasa aman untuk berbaur dengan manusia sesuka hati.

Termasuk Spesias yang Dilindungi

Karena sifatnya yang begitu menarik perhatian, Anda mungkin berpikir untung mengadopsinya. Namun sayangnya, Anda harus mengurungkan niat itu.

"Quokka adalah spesies yang dilindungi," ucap Hollis. Quokka saat ini terdaftar sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan oleh Union for Conservation of Nature (IUCN), dengan populasi sekitar 15.000 di seluruh dunia, dengan lebih dari 12.000 di antaranya menghuni Pulau Rottnest.

4 dari 4 halaman

Hewan Lain yang Selalu Tampak Bahagia

Quokka memang disebut sebagai hewan paling bahagia di dunia, tetapi masih banyak hewan-hewan lain yang juga nampak ceria. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Anjing

Pernahkah Anda melihat anjing yang mengoyang-goyangkan ekornya dengan penuh semangat? Anda pasti bisa merasakan keceriannya, bukan? Teman berbulu yang penuh antusias untuk bermain dan menghabiskan waktunya dengan Anda ini tentu cocok masuk daftar hewan yang selalu terlihat bahagia.

2. Kambing

Dikenal sebagai makhluk sosial, kambing paling bahagia ketika ditemani orang lain, baik manusia atau sesama kambing. Mereka suka bermain. Sebuah studi baru-baru ini bahkan menunjukkan bahwa kambing dapat mengenali perbedaan antara wajah manusia yang bahagia dan tidak, lho.

3. Kucing

Meski kucing yang sering rewel mungkin tidak dianggap sebagai hewan paling bahagia di dunia, apalagi dibandingkan dengan quokka yang tersenyum, kucing terkenal selalu ingin tahu dan sering kagum akan banyak hal.

Jika Anda bertanya-tanya apakah kucing Anda bahagia, perhatikan saja dengkuran, kedipan lambat, dan caranya meremas selimut favorit Anda.

 

(Adelina Wahyu Martanti)