Sukses

Ada Kucing Tak Mau Dipeluk, Kenapa Ya?

Jika Anda memiliki kucing yang tidak suka dipeluk, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Tampang kucing yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan seringkali membuat kita ingin memeluknya. Sebagian kucing akan merespons dengan menunjukkan kemanjaan, tapi sebagian lainnya justru menghindar dan kabur. Kenapa ada kucing tak mau dipeluk ya?

Apa Alasan Kucing Tidak Mau Dipeluk?

Anda mungkin tidak akan menyukai fakta ini, tetapi kenyataannya sebagian besar, kucing bukanlah hewan yang suka diemong.

"Kucing umumnya lebih menyendiri dan lebih suka berada di dekat manusia, tetapi tidak harus berpelukan sebanyak yang dilakukan anjing," kata Dr. Justine Lee, DVM, DACVECC, DABT, pakar hewan dari Pumpkin Pet Insurance, dilansir laman Popsugar.

Tentu saja, tidak semua kucing itu sama, dan ada kucing yang lebih penyayang di luar sana, tetapi meskipun demikian, beberapa kucing tak suka dipeluk.

"Banyak kecenderungan perilaku yang mungkin berasal dari masa lalu kucing Anda - seperti apa yang mereka pelajari saat tumbuh dewasa, seberapa banyak mereka berada di sekitar orang ketika mereka masih muda, pengalaman negatif sebelumnya, dll.," kata Dr. Zaynab Satchu (yang dikenal dengan Dr. Zay ), DVM, kepala dokter hewan Bond Vet.

"Tapi itu juga karena kepribadian kucingmu yang unik."

Anda mengenal kucing kesayangan Anda dan tahu seperti apa kepribadiannya, dan itu semua faktor dalam perilakunya, termasuk berapa banyak waktu yang bersedia mereka habiskan bersama Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kucing Tidak Suka Cara Pemilik Memegang Mereka

Jika Anda mencoba memeluk kucing kesayangan dan mereka malah menunjukkan perilaku defensif, mereka mungkin tidak menyukai cara Anda memegangnya atau di mana Anda memegangnya.

Secara umum, kucing suka berada di tempat tinggi sehingga mereka dapat melihat apa yang terjadi di sekitar mereka — inilah mengapa mereka menyukai pohon kucing — tetapi mereka tidak suka perutnya terbuka.

Cobalah untuk tidak menggendongnya seperti bayi (kecuali jika Anda tahu kucing Anda menyukai ini), tetapi pegang mereka di dada Anda sambil menopang pantatnya.

Jika Anda sedang duduk, biarkan mereka mencari cara untuk menempatkan diri di pangkuan atau di samping Anda. Sekali lagi, semua kucing berbeda.

3 dari 4 halaman

Kucing Merasa Terperangkap

Kucing masih memiliki naluri yang diwarisi dari nenek moyangnya yang liar. Memegang dan menggendong kucing dapat dianggap sebagai ancaman yang dapat membuat mereka ke mode melawan atau lari. Baik melawan dan membela diri melawan penyerang atau melarikan diri secepat mungkin.

Jika melarikan diri bukanlah suatu pilihan, kucing dapat menjadi agresif atau menginternalisasi ketakutan ini dan membeku seperti patung. Inilah sebabnya mengapa ahli perilaku selalu menyarankan agar kita berinteraksi secara sosial dengan kucing kita dengan syarat mereka jika memungkinkan.

Jika kucing secara aktif mencari Anda dan naik ke pangkuan untuk dipeluk, maka Anda adalah salah satu yang beruntung dengan kucing yang menyukai pelukan manusia. Ingatlah untuk selalu menghormati keputusan mereka saat waktu berpelukan selesai.

4 dari 4 halaman

Kucing Kurang Bersosialisasi Ketika Kecil

Beberapa kucing ada di sekitar manusia sejak usia muda, terutama jika dipelihara di rumah bersama anak-anak atau beberapa orang dewasa. Hal ini membuat mereka lebih percaya diri bahwa interaksi sosial dengan orang-orang itu positif dan mereka terbiasa dengan campuran aktivitas, kebisingan, dan aroma di rumah, dilansir laman Cats.

Dijemput mungkin merupakan sesuatu yang sudah biasa mereka lakukan atau bahkan mungkin nikmati jika itu mengarah pada hasil yang positif, seperti makanan atau pelukan. Jika kucing Anda dipelihara dengan tangan sebagai anak kucing, mereka bahkan mungkin sangat percaya diri dengan orang lain. Namun, kepercayaan diri ini dapat terwujud sebagai agresi selama permainan yang terlalu bersemangat atau jika kucing Anda merasa terancam.

Kucing yang belum bersosialisasi saat muda mungkin pemalu, terutama dengan orang asing. Hal ini terutama berlaku untuk kucing yang telah dipindahkan dan tidak terbiasa tinggal bersama keluarga.

Perilaku ini dapat mendarah daging, dan meskipun Anda dapat mendukung kucing Anda selama periode integrasi yang lambat ke dalam keluarga, tidak adil mengharapkan mereka menjadi bagian dari pesta ketika semua teman Anda datang berkunjung. Dapat dipahami bahwa beberapa kucing liar yang hidup di jalanan atau peternakan tidak akan pernah berhasil melakukan transisi ke rumah keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini