Sukses

Anies Baswedan Sebut Pemimpin Itu Pemimpi Plus N, N Itu Nyali

Ini yang Anies Baswedan katakan di hadapan Surya Paloh dan Cak Imin saat deklarasi capres

 

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin bukan tanpa alasan memilih Hotel Majapahit di Kota Surabaya, Jawa Timur sebagai tempat deklarasi bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil (presiden) 2024 pada hari ini, Sabtu 2 September 2023.

Dalam pidatonya, Anies, mengatakan, banyak peristiwa penting terjadi di hotel yang dikenal juga dengan sebutan Hotel Yamato.

"Di sini (19 September) terjadi perobekan bendera, dan kemudian menjadi merah putih. (Lalu) 22 Oktober resolusi jihad dimunculkan dan 10 November tempat ini menjadi sejarah, (yaitu) anak-anak republik ini bertarung mengusir kolonialisme," kata Anies Baswedan di hadapan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dan Cak Imin alias Muhaimin Iskandar.

Anies Baswedan Singgung Keberanian Anak Muda

Menurut Anies, memilih melakukan deklarasi sebagai pasangan capres dan cawapres adalah pilihan yang luar biasa.

"Karena ini mengirimkan pesan bahwa di Surabaya ini, di tempat kita berada sekarang ini, di sinilah anak muda memilih untuk tak hanya menonton ketika sekelompok kaum intelektual di Jakarta memilih untuk merdeka, anak-anak muda ini menyatakan saya hibakan nyawa saya untuk republik yang merdeka," ujarnya.

Di mata Anies, itu adalah sebuah keputusan yang luar biasa. Semangat dan keberanian dari anak-anak muda zaman itu dinilai Anies telah menular.

"InsyaAllah ini menandai juga, kita akan ambil nyali itu, karena nyali itu yang menjadi bekal untuk menghadapi ikhtiar perubahan ini," kata Anies Baswedan.

"Katanya, pemimpin itu pemimpi plus N, pak. N itu nyali," ujarnya seraya melihat ke arah Surya Paloh.

"Dan, tempat ini memberikan nyali," pungkasnya.

 

2 dari 3 halaman

Surya Paloh: Anies Baswedan-Cak Imin bak Tutup Botol yang Dipertemukan

Sebelumnya, Surya Paloh memuji pasangan calon presiden, Anies Baswedan dan wakil presiden, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan mengibaratkan keduanya bagai tutup botol yang dipertemukan dengan botolnya.

Di mata Surya Paloh, Anies Baswedan adalah seorang cendikiawan dan intelektual yang diyakininya bisa memberikan suasana kepemimpinan baru di Indonesia untuk menghadapi tantangan di hari ini maupun masa yang akan datang.

"Tapi saya juga mengenal seorang Muhaimin Iskandar. Seorang yang amat pawai, seorang organisator ulung yang bergerak dalam dunia pergerakkan yang cukup lama. Juga mempunyai kepiawaian yang tidak kalah samanya dengan Bung Anies Baswedan," kata Surya Paloh dalam acara deklarasi Anies Baswedan dan Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya pada Sabtu 2 September 2023.

"Maka kedua pasangan ini adalah bagaikan botol dan tutup botol itu. Maka pada hari ini, saudara-saudarku semuanya, kita sudah mempunyai modal utama yang dipersyaratkan oleh konsitusi," dia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Anies Baswedan dan Cak Imin Pertama Daftar KPU

Oleh sebab itu, ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mengumumkan terkait pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, Surya Paloh dengan lantang mengatakan bahwa pasangan pertama yang mendaftar adalah Anies Baswedan dan Cak Imin.

"InsyaAllah pasangan yang pertama mendaftarkan adalah pasangan yang kita miliki hari ini," katanya.

Lebih lanjut Surya Paloh menyinggung perihal rakyat yang punya berbagai alternatif pilihan calon-calon presiden yang ikut dalam Pemilu 2024.

"Kalau saudara melihat wajah saya, saya nyatakan optimisme saya yang penuh," katanya.

"Saya ingin menyatakan InsyaAllah... Kita memiliki pemimpin baru ke depannya," pungkas Surya Paloh.