Sukses

LBP Dirawat karena Kelelahan Luar Biasa, Warganet Kompak Panjatkan Doa untuk Opung

Setelah menjalani perawatan selama beberapa hari di Jakarta, Luhut Binsar Pandjaitan mendapat tawaran dari Menteri Senior dan Menteri Luar Negeri Singapura untuk melanjutkan pemulihan di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kini berada di Singapura untuk menjalani pemulihan kesehatan setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta.

Melalui akun instagram resmi @luhut.pandjaitan, pria 76 tahun ini mengonfirmasi kabar bahwa kesehatannya tengah terganggu sejak beberapa waktu lalu. Menko Luhut mengatakan dirinya mengalami kelelahan yang tak biasa selepas berkegiatan.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," ungkap Luhut melalui pesan yang diunggahnya kemarin petang, Selasa, 10 Oktober 2023.

Kondisi itu pun membuat sang istri Devi Pandjaitan berinisiatif membawanya ke salah satu rumah sakit di Jakarta agar mendapat tindakan preventif lebih lanjut.

Setelah menjalani perawatan selama beberapa hari di Jakarta, Luhut mendapat tawaran dari Menteri Senior dan Menteri Luar Negeri Singapura untuk melanjutkan pemulihan di negara tersebut. Luhut pun menerima tawaran itu sekaligus untuk melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif atas kesehatannya. Dirinya bertolak ke Singapura kemarin petang.

"Setelah mendapat tawaran dari sahabat saya, Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Dr. Vivian Balakhrisnan, sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya," jelas LBP

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Doakan Opung Lekas Sembuh

Menanggapi kabar yang dibagikan Luhut di akun media sosialnya, warganet beramai-ramai mendoakan agar pria yang kerap disapa Opung itu segera pulih.

"Semoga segera pulih dan sehat kembali, Opung @luhut.pandjaitan ❤️🇮🇩," tulis salah seorang warganet.

"Makin sehat opung jendral...God bless you🔥," ujar warganet lainnya di kolom komentar.

Sejumlah figur publik seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Aburizal Bakrie, Isyana Bagoes Oka, hingga Ferdy Hasan pun turut menyemangati dan mendoakan Luhut.

"Semoga lekas pulih kembali Pak Luhut, Tuhan selalu memberkati," tulis Bamsoet.

"Semoga lekas pulih Pak @luhut.pandjaitan," pesan Isyana Bagoes Oka.

"Lekas sembuh pak Luhut. Kami semua mendoakan," ujar Aburizal Bakrie.

Terselip diantara hampir 2000 pesan di kolom komentar, ada warganet yang menyampaikan pesan menggelitik. "Get well very soon, Opung. Jagad maya dan nyata sepi tanpamu."

3 dari 4 halaman

Harus Beristirahat

Ketika menjalani perawatan di Jakarta, Luhut mengaku sempat merasa bosan. Terbiasa aktif beraktivitas, kini tim dokter menyarankannya agar beristirahat total. 

"Sebagai orang yang terbiasa bekerja dan aktif berkegiatan, berada di Rumah Sakit selama beberapa hari memang membuat saya cukup bosan," ungkap Menko Luhut melalui unggahan terbaru di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Selasa, 10 Oktober 2023.

Melalui unggahannya, Luhut bercerita sang istri bahkan melarangnya sekedar mengecek kabar terkini seperti yang biasa dilakukannya.

"Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari saya tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin saya lakukan setiap pagi, saya tak diperbolehkan oleh istri. 'Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,' ucapnya saat itu," tutur Luhut.

Meski demikian, Luhut Pandjaitan yakin bahwa sikap sang istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuknya saat ini.

4 dari 4 halaman

Merasa Beruntung

Luhut mengaku merasa beruntung dan tidak pernah membayangkan akan menerima begitu banyak cinta dalam bentuk perhatian dan doa ketika dia sakit.

Oleh karena itu, Luhut pun menyampaikan terima kasih, khususnya pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberi akses untuk dirawat oleh tim dokter kepresidenan.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden @jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini