Sukses

Waktu Terbaik Konsumsi Suplemen Vitamin, Biar Manfaatnya Maksimal Terserap Tubuh

Perhatikan waktu terbaik konsumsi suplemen vitamin. Faktor apa yang perlu diketahui?

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi suplemen vitamin dapat menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda. Meski begitu ada cara yang tepat untuk melakukannya.

"Ketika orang tidak mengonsumsi vitamin dengan cara yang benar, mereka tidak akan merasakan efeknya," kata dokter keluarga Rodolfo Perez-Gallardo.

"Tubuh Anda tidak dapat sepenuhnya menyerap vitamin, kecuali Anda tahu waktu terbaik untuk mengonsumsinya," lanjutnya lagi.

Perez-Gallardo mengatakan, bahwa hal ini bukan tentang waktu dalam sehari, melainkan lebih kepada menyelaraskan kebiasaan tersebut dengan jadwal makan dan minum.

Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin C dan B12?

Vitamin C juga memainkan peran penting dalam membantu melindungi sel-sel tubuhmu dari bahaya radikal bebas.

Vitamin C dan vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air, yang berarti Anda membutuhkan air untuk menyerapnya.

"Konsumsilah vitamin yang larut dalam air saat perut kosong dengan segelas air," saran Dr.Perez-Gallardo, dikutip dari Cleveland Clinic pada 4 Oktober 2023.

Vitamin C aman dikonsumsi dalam jumlah yang direkomendasikan setiap saat sepanjang hari, dengan atau tanpa makanan.

Bagi kamu yang punya penyakit asam lambung, perlu hati-hati mengonsumsi vitamin C dosis tinggi. Sebaiknya kamu mengonsumsi vitamin C bersama dengan makanan untuk mengurangi potensi efek samping terhadap pencernaan.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin B12 adalah di pagi hari setelah bangun tidur untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga produksi energi meningkat.

Hindari mengonsumsi vitamin ini pada malam hari agar tubuh bersiap untuk beristirahat, sehingga tidak akan memengaruhi kualitas tidur Anda.

Orang dengan defisiensi B12 sebaiknya mengonsumsi suplemen B12 saat perut kosong untuk memaksimalkan penyerapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Terbaik Minum Vitamin D

Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin D dan vitamin yang larut dalam lemak lainnya?

Vitamin yang larut dalam lemak membutuhkan lemak agar tubuh Anda dapat menyerapnya. Vitamin ini termasuk:

  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Untuk penyerapan maksimum, waktu terbaik mengonsumsi vitamin D dan vitamin yang larut dalam lemak lainnya adalah setelah Anda makan makanan yang mengandung lemak. sedikit saja susu atau yogurt rendah atau tanpa lemak sudah cukup. Begitu juga dengan makan makanan yang dimasak dengan minyak.

Ketika vitamin larut dalam lemak, ini dapat memicu penumpukan akibat konsumsi berlebihan sehingga menjadi racun dalam tubuh. Mengonsumsi vitamin secara berlebihan juga dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh.

Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin?

Multivitamin bisa jadi lebih rumit: Multivitamin seringkali mengandung vitamin yang larut dalam air dan lemak.

Walaupun banyak orang mengonsumsi multivitamin di pagi hari, terutama bagi orang-orang yang mengonsumsi obat lain, sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin.

"Waktu terbaik untuk mengonsumsi multivitamin adalah dengan makanan sehingga lemak apa pun dapat membantu penyerapannya,” lanjut Rodolfo Perez-Gallardo.

"Namun kekurangannya adalah tubuh Anda tidak akan menyerap vitamin yang larut dalam air sebaik vitamin yang larut dalam lemak."

Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi multivitamin saat perut kosong dengan air, maka tubuh Anda tidak dapat menyerap vitamin yang larut dalam lemak dengan baik. Anda juga bisa mengalami sakit perut.

Jadi untuk penyerapan penuh, Dr. Perez-Gallardo merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak secara terpisah.

3 dari 4 halaman

Haruskah Anda Mengonsumsi Vitamin?

Sebelum Anda memulai kebiasaan mengonsumsi vitamin setiap hari, Dr. Perez-Gallardo menekankan bahwa tidak semua orang membutuhkannya.

"Jika Anda mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, Anda tidak memerlukan suplemen ini. Sumber vitamin dan mineral terbaik adalah sepiring makanan yang terdiri dari seperempat buah-buahan, seperempat sayuran, seperempat protein, seperti ikan dan unggas, dan seperempat biji-bijian,” jelasnya.

Jika Anda tidak dapat makan dengan cara di atas, setidaknya satu kali sehari, Anda dapat mengambil manfaat dari mengonsumsi vitamin. Dokter mungkin juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin jika Anda:

  1. Makan makanan vegetarian.
  2. Makan kurang dari 1.200 kalori setiap hari.
  3. Kondisi medis, seperti kanker, yang menyulitkan Anda untuk makan makanan bergizi.
  4. Kondisi usus kronis yang menyebabkan malabsorbsi, termasuk penyakit celiac, kolitis ulserativa, penyakit Crohn, dan sindrom iritasi usus besar.
  5. Memiliki gangguan penggunaan alkohol.
  6. Pernah menjalani operasi bypass lambung.
  7. Pernah menjalani reseksi usus besar parsial, terutama jika dokter mengangkat sebagian ileum Anda (tempat vitamin B12 diserap dalam usus).

"Namun, bicarakan dengan fasilitas layanan kesehatan Anda terlebih dahulu," pesan Perez-Gallardo. "Mereka dapat memeriksa kadar Anda untuk melihat, apakah dan di mana Anda kekurangan vitamin, lalu memberikan apa yang Anda butuhkan."

4 dari 4 halaman

Efek Samping Vitamin

Perlu diketahui, mengonsumsi vitamin dalam dosis besar dapat berbahaya bagi kesehatan. Itulah sebabnya, kamu perlu mengetahui aturan minum vitamin yang baik dan direkomendasikan.

Cara terbaik untuk mengonsumsi vitamin adalah dengan banyak makanan kaya vitamin. Ini termasuk buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, daging, dan produk susu. Suplemen vitamin dapat menyebabkan efek samping ringan seperti sakit perut, diare, dan perut kembung.

Mual dan sakit perut kronis telah dikaitkan dengan mengonsumsi terlalu banyak vitamin atau mineral. Overdosis vitamin C, misalnya, dapat menyebabkan kram perut.

Untuk menghindari efek samping ini sebagaimana dikutip dari Medicine Net, langkah yang terbaik adalah memenuhi asupan vitamin yang direkomendasikan melalui diet yang sehat dan seimbang. Makanan seperti buah-buahan dan sayuran hijau adalah sumber yang sangat baik dari banyak vitamin esensial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini