Sukses

Jangan Liat Fisik, Ini 8 Tanda Si Dia Masuk Kriteria Husband Material

Wanita atau pun pria dalam memilih pasangan haruslah selektif. Bagi wanita, carilah pria yang termasuk kategori husband material sebelum menikah.

Liputan6.com, Jakarta - Berlanjut ke jenjang pernikahan umumnya merupakan impian para pasangan. Namun, dalam proses tersebut, pria atau pun wanita tentu akan memastikan calon pasangan hidupnya memiliki kepribadian yang baik untuk berumah tangga. Terlepas dari sifat jujur, setia, bijaksana, dan penuh perhatian, wanita perlu memastikan pria pendampingnya adalah sosok husband material atau memenuhi kriteria sebagai suami.

Pria yang memiliki kepribadian husband material adalah sosok yang pantas dijadikan suami. Alasannya karena mereka berperilaku lebih perhatian dari seorang pacar dan mau berbaur dengan keluarga.

Agar lebih jelas, berikut tanda sang kekasih adalah husband material dilansir dari YourTango pada Kamis, 2 November 2023.

1. Jeli dan Mau Bekerja Sama

Menurut pakar hubungan, Lisa Kaplin, BPK, ELI-MP, MS, PsyD, lelaki yang jeli akan memperhatikan detail rumah yang berantakan atau tidak. Biasanya mereka akan berkontribusi untuk membantu pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, membersihkan lantai, atau menjemur baju jika dirasa perlu membantu merapikan rumah yang berantakan.

Berbeda dengan orang yang tidak jeli, mereka akan tutup mata apa pun kondisi rumahnya.

2. Mendukung Karir Wanita

Kehidupan pernikahan bukan hanya tentang kesenangan, jadi penting untuk terbuka kepada pasangan tentang pekerjaan. Saat seorang wanita menceritakan masalah pekerjaan yang dihadapi, perhatikan bagaimana dia bereaksi.

Menurut coach hubungan, Mandy Walker, MA, pria husband material akan mengajukan banyak pertanyaan dan membantu bertukar pikiran. Artinya, dia mendukung karier sang pacar dan tidak merasa terancam akan kesuksesan sang kekasih.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Punya Komitmen

Walker menambahkan, pria yang punya komitmen adalah mereka yang akan berusaha apa pun caranya untuk keluarga. Tidak peduli seberapa sibuk, mereka menjujung tinggi komitmen untuk keluarga.

4. Tidak Merasa Tersaingi

Pria yang temasuk husband material yaitu selalu menghargai usaha pasangannya. Mereka juga selalu ada dan mendukung karir kesuksesan kekasihnya dengan cara mendengarkan segala keluh kesah.

 

3 dari 4 halaman

5. Selalu Menanyakan Pendapat

Menurut pakar komunikasi hubungan, Kim Olver, LCPC, MS, NCC, pria yang cocok dijadikan suami ialah yang selalu menanyakan pendapat pasangannya.

“Dia mungkin tidak selalu mengikuti saran, namun dengan tulus mempertimbangkannya dan menginginkan masukan dari pasangan,” jelas Oliver.

6. Memiliki Rencana Hidup

Berpikir dan bermimpi besar menunjukkan bahwa ia memiliki tujuan serta ambisi di masa depan.

Menurut Kaplin, kalau seorang pria justru mencari cara yang praktis dan sederhana, artinya dia juga tidak akan bisa mewujudkan impian sang pujaan hati.

 

4 dari 4 halaman

7. Sikap Optimistis

Pasangan yang memiliki sifat optimistis dapat membantu ketika melewati masa-masa sulit mejadi penuh harapan, tawa, dan pandangan hidup yang luas.

8. Mendukung Hobi

Setiap pasangan memiliki hobinya masing-masing. Bisanya pria yang cocok dijadikan suami akan mendukung hobi pacaranya apa pun itu. Sikap yang seperti inilah yang membuat wanita akan menjadi manusia seutuhnya, karena dia tahu kebutuhan emosional sang kekasih.

Itu dia sejumlah ciri-ciri pacar yang mendekati kategori husband material. Perlu diingat, penilaian setiap orang berbeda-beda. Namun, sejumlah tanda di atas bisa dijadikan tolok ukur untuk sebelum bercerita dan meminta pendapat orangtua serta keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.