Sukses

Emoji Semangka Viral, Ini 5 Manfaat Buah yang Jadi Simbol Dukung Palestina Itu

Terkait buah semangka, ini termasuk makanan manis namun sehat dan kaya manfaat. Satu porsi semangka mengandung 9,4 gram gula.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan emoji potongan buah semangka viral di media sosial. Warganet mengartikan emoji tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina dan menghindari shadow ban yang diterapkan berbagai platform media sosial.

Menurut catatan sejarah, semangka menjadi simbol perlawanan rakyat Palestina yang sudah dilakukan sejak 2021.

Emoji semangka diplih karena memiliki komponen warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Selain itu, buah ini tumbuh subur di Palestina. Kini, buah semangka pun mendapat julukan "The Fruit of Palestine."

Itulah mengapa emoji semangka telah menjadi simbol yang kuat untuk mengekspresikan solidaritas dan dukungan terhadap Palestina di era digital ini.

Terkait buah semangka, ini termasuk makanan manis namun sehat dan kaya manfaat. Satu porsi semangka mengandung 9,4 gram gula.

Penting untuk diingat, semangka mengandung gula alami yang hadir dengan semua nutrisi antara lain seperti serat, vitamin, antioksidan, dan air. Kandungan nutrisi ini membantu tubuh memproses gula lebih lambat dan menghindari lonjakannya.

Lebih lanjut terkait nutrisi dari kandungan buah semangka, berikut ini lima manfaat konsumsi buah tersebut, dilansir dari Real Simple pada Rabu, 15 November 2023.

1. Kesehatan Pencernaan

Menurut pakar nutrisi, Maya Feller, MS, RD, CDN, mengonsumsi buah semangka adalah pilihan yang bagus ketika musim panas. Buah ini memiliki serat yang mampu meningkatkan rasa kenyang dan mengatur sistem pencernaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Risiko Kanker

Semangka juga kaya akan likopen atau nutrisi yang dikenal karena sifat antioksidannya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan kanker.

Konsumsi likopen dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, lambung, dan prostat.

“Ada beberapa penelitian yang menghubungkan konsumsi likopen dengan penurunan risiko kanker prostat,” kata Feller.

3 dari 4 halaman

3. Membantu Fungsi Otak

Semangka mengandung kolin dalam jumlah tinggi yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk membantu struktur sel, menghilangkan lemak dan kolesterol. Kolin juga merupakan bagian dari neurotransmitter asetilkolin yang terlibat dalam memori, otot, sendi, dan mengatur detak jantung.

4. Membantu Hidrasi Tubuh

Menurut pakar nutrisi, Keri Gans, MS, RDN, CDN, salah satu manfaat semangka bagi kesehatan adalah mengandung lebih dari 90 persen air.

“Oleh karena itu semangka pasti memenuhi kebutuhan air harian seseorang,” ungkap Gans.

Semangka adalah sumber potasium dan magnesium yang baik. Selain itu elektrolit buah ini sangat menghidrasi.

Semangka mengandung banyak air, sehingga buka pilihan terbaik untuk dismoothie. Gans menyarankan untuk membekukan semangka dan menggunakannya dalam minuman sebagai pengganti es.

4 dari 4 halaman

5. Kulit dan Bijinya Mengandung Vitamin

Vitamin menjadi alasan bagus untuk seseorang memakan semangka dengan kulit dan bijinya.

“Biji semangka mengandung folat, magnesium, dan zat besi. Sedangkan kulitnya mengandung vitamin C dan B6. Bahkan vitamin dan mineral buah ini, membantu meningkatkan kesehatan kulit, jantung, dan kekebalan tubuh,” kata Gans.

“Bijinya bisa dipanggang dengan minyak zaitun dan garam sebagai camilan. Sedangkan kulitnya bisa diasamkan seperti mentimun atau ditumis bersama sayuran lainnya,” lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini