Sukses

Kiki Fatmala Meninggal Dunia, Si Manis Jembatan Ancol Sempat Alami Kanker Paru-Paru dan Membaik

Aktris senior Kiki Fatmala meninggal dunia akibat komplikasi kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris senior Indonesia Kiki Fatmala meninggal dunia di awal Desember 2023, tepat pada tanggal 1.

Pemeran 'Si Manis Jembatan Ancol' mengembuskan napas terakhir di umur 56 tahun akibat komplikasi kanker.

Kabar duka ini terkonfirmasi lewat akun Instagram terverifikasi centang biru @qq_fatmala pada Jumat, 1 Desember 2023.

"Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang," mengutip unggahan terakhir di Instagram tersebut.

"Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker," lanjut keterangan foto.

Lewat pernyataan tertulis itu, keluarga Kiki Fatmala menyampaikan bahwa layanan memorial hanya terbuka untuk keluarga dan teman dekat.

"Di saat-saat sulit ini, keluarga kami memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami. Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat."

"Kami meminta penghormatan dan pengertian Anda untuk memberi kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karangan Bunga Dapat Diganti Sumbangan ke Badan Amal

Pihak keluarga pun menyampaikan keinginan agar pemakaman Kiki Fatmala berjalan tertutup dan tenang.

"Kami dengan tulus meminta agar media dan publik menghormati keinginan privasi keluarga kami selama masa sulit ini. Pernyataan ini adalah satu-satunya komunikasi resmi dari keluarga, dan kami tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan selain ini."

Sementara, untuk orang-orang yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar kiriman tersebut diganti dengan sumbangan ke badan amal.

"Bagi yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala."

3 dari 4 halaman

Kiki Fatmala Lahir 14 Agustus 1967 dan Meninggal Dunia 1 Desember 2023

Pernyataan tersebut dibagikan di dunia maya dengan potret hitam putih Kiki Fatmala yang tengah tersenyum.

Dalam potret tersebut ditulis tanggal lahir dan tanggal meninggalnya, Kiki lahir pada 14 Agustus 1967 dan meninggal hari ini, 1 Desember 2023.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para penggemar teman-teman, dan rekan-rekan beliau atas pesan-pesan simpati dan dukungannya. Kami sangat menghargai pengertian rekan-rekan semua selama masa sulit ini, Terima kasih."

4 dari 4 halaman

Sempat Alami Kanker Paru-Paru

Sebelum mengalami komplikasi, Kiki Fatmala sempat dikabarkan mengalami kanker paru-paru. Kondisinya sempat membaik hingga kabar duka ini muncul.

Seperti diketahui, kanker paru adalah jenis kanker dengan kasus kematian paling tinggi di Indonesia. Sebanyak 34.783 orang terdiagnosis, dan 30.483 di antaranya meninggal, mengutip data yang dihimpun Roche.

Angka kematian dapat mencapai 43.900 pada 2030 jika tidak ada peningkatan terhadap diagnosis dan penatalaksanaan kanker paru.

Meski angka kanker paru tinggi, tapi hingga kini diagnosis kanker paru belum ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Khususnya untuk pemeriksaan imunohistokimia dan molekuler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.