Sukses

Apakah Tomat Buah atau Sayur? Simak Penjelasannya

Apakah tomat itu buah? Atau sayur? Inilah salah satu fakta makanan yang sering diperdebatkan.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak diragukan lagi bahwa tomat adalah salah satu makanan yang enak dan bisa dikonsumsi dengan cara apapun. Namun, apakah tomat itu buah atau sayur? 

Sebelum kita membahas keseluruhan perdebatan “apakah tomat itu buah atau sayur”, mari kita definisikan apa itu buah dan sayuran. 

Menurut kamus Merriam-Webster, buah-buahan adalah “tubuh reproduksi tanaman berbiji yang biasanya dapat dimakan, terutama: tanaman yang memiliki daging buah yang manis.” seperti dikutip dari Reader's Digest pada Kamis, (14/12/2023).

Sementara itu, Merriam-Webster mendefinisikan sayuran sebagai “tanaman herba yang biasanya ditanam yang bagiannya dimakan”. Artinya, kategori tumbuhan mencakup seluruh bagian tumbuhan, seperti akar, daun, dan batang. Sebaliknya, buah hanyalah bagian tanaman yang membawa biji. 

Apakah tomat termasuk buah atau sayur?

Petani, koki, dan pengacara mempunyai jawaban berbeda terhadap pertanyaan ini.  Ada definisi hukum tentang buah-buahan dan sayuran, serta definisi ilmiah. Tomat sesuai dengan definisi ilmiah adalahbuah karena terbentuk dari bunga dan mengandung biji.

Jadi secara botani, tomat adalah buah. Namun, cara kita memakannya dan mengolahnya dalam masakan berarti tomat juga termasuk dalam kategori sayuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Tomat Termasuk Buah?

Tomat sebenarnya adalah tanaman berbiji yang kemudian berbuah yang dapat dimakan. Meskipun tomat tidak semanis buah lainnya, tomat juga tidak sepahit beberapa sayuran tertentu. 

Dengan mengingat definisi ini, segala sesuatu mulai dari paprika hingga mentimun juga termasuk buah, sedangkan wortel dan kentang bukan. 

Fakta menariknya adalah kentang sebenarnya adalah kerabat jauh tomat. Namun, sebagai sayuran umbi-umbian, mereka tidak sesuai dengan definisi “buah pokok anggur” yang menjadikan tomat sebagai buah.

Jenis buah apa yang termasuk tomat? Secara teknis, ini adalah buah beri, yang didefinisikan oleh Brittanica sebagai “buah berdaging yang biasanya memiliki banyak biji”.

 

3 dari 4 halaman

Mengapa Tomat Termasuk Sayuran?

Secara ilmiah tomat adalah buah-buahan, secara hukum tomat diklasifikasikan sebagai sayuran. Dari definisi yang disebutkan sebelumnya, sepertinya tomat jelas bukan sayuran. Jadi, apakah tomat termasuk buah?

Pada tahun 1893, Kongres di Amerika Serikat mengesahkan undang-undang tarif yang menetapkan pajak 10 persen untuk sayuran utuh. Jadi, untuk menghindari biaya, para pedagang menyatakan bahwa tomat adalah buah. 

 

 

4 dari 4 halaman

Secara Hukum Tomat Adalah Sayur

Keputusan yang dibuat oleh Mahkamah Agung untuk kasus ini menyatakan bahwa tomat harus diklasifikasikan sebagai sayuran dan bukan buah untuk “tujuan perdagangan dan perdagangan,” karena koki menyiapkannya dan orang-orang memakannya seperti sayuran.

Artinya, secara hukum, tomat adalah sayuran.

Apa pun sebutannya, tomat adalah makanan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam diet karena mengandung serat esensial, vitamin, nutrisi, dan antioksidan.

Seseorang harus memakannya secara teratur bersama dengan buah dan sayuran favorit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini