Sukses

Metode Diet 30-30-30, Cara Turunkan Berat Badan dengan Mudah dan Sehat

Diet 30-30-30: Ini Cara Turunkan Berat Badan yang Sehat

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu metode penurunan berat badan yang viral di media sosial belakangan ini adalah diet 30-30-30. Apa itu? Metode diet ini berfokus pada penerapan gaya hidup holistik dan seimbang dengan menggabungkan praktik mindful ke dalam pemilihan nutrisi, olahraga, dan mindfulness.

Nutrisi

Dikutip dari situs Times of India pada Sabtu, 23 Desember 2023, hal pertama yang menjadi perhatian dari metode diet 30-30-30 adalah nutrisi. Alokasikan 30 persen dari pola makan sehari-hari kamu harus yang seimbang dan bergizi.

Wajib bagi kamu untuk mengonsumsi berbagai macam buah, sayuran, tidak melupakan protein hewani dan nabati, biji-bijian, dan lemak sehat. Upayakan isi piring kamu berwarna-warni yang mencerminkan hadirnya beragam nutrisi.

Tentu saja dengan tetap memerhatikan porsi agar terhindar dari makan berlebihan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mampu memberi kami energi berkelanjutan sepanjang hari, serta mengurangi kemungkinan kamu untuk ngemil yang tak sehat.

Juga tidak lupa untuk mencukupi kebutuhan konsumsi air. Usahakan minum dalam jumlah cukup setiap hari, karena hidrasi memainkan peran penting dalam mendukung fungsi tubuh secara menyeluruh.

Ingat bahwa kunci diet yang baik bukan tidak apapun.

Olahraga

Kemudian, alokasikan 30 persen untuk latihan kardio seperti lari atau jalan cepat, dan 30 persen lagi lainnya untuk latihan kekuatan (strength training).

Latihan kardio berkontribusi teradap kesehatan jantung, pembakaran kalori, dan meningkatkan stamina.

Sementara strength training yang dapat dilakukan menggunakan berat badan sendiri dibutuhkan untuk membangun kekuatan otot, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kebugaran fungsional secara keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

30 Persen Olahraga Fleksibilitas

Jika kamu mau, bisa juga mengalokasikan 30 persen lainnya untuk latihan fleksibilitas kayak yoga atau pilates. Selain dapat meningkatkan fleksibilitas, olahraga ini bagus buat kesehatan sendiri kamu, juga kesehatan mental kamu.

Mindfulness

Gabungkan mindfulness ke dalam kebiasaan makan kamu. Luangkan waktu untuk menikmati dan menghargai setiap gigitan, dan memerhatikan tanda-tanda rasa lapar dan kenyang.

Percaya atau tidak, melakukan hal ini bisa membuat pencernaan kamu menjadi baik. Dan, kamu juga memiliki hubungan yang baik sama makanan.

Pun ketika kamu menerapkannya saat berolahraga. Fokus pada sensasi di tubuh, napas, dan momen selama kamu berolahraga. Cara ini dapat meningkatkan efektivitas latihan kamu. Cobain deh!

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Metode Diet 30-30-30

Dengan mendistribusikan perhatian secara merata terhadap nutrisi, olahraga, dan kewaspadaan, metode 30-30-30 bisa meningkatkan kesejahteraan holistik, menagani aspek kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Pendekatan ini mendorong gaya hidup yang seimbang dan berkelanjutan, sehingga meningkatkan kemungkinan kamu untuk bisa menerapkan kebiasaan sehat dalam jangka panjang.

Metode ini dapat disesuaikan dengan tingkat kebugaran yang berbeda, memungkinan individu menyesuaikan intensitas, jenis latihan berdasarkan preferensi dan tujuan kamu.

Kemudian, dengan kamu menggabungkan latihan kardio dengan latihan kekuatan, tidak hanya lemak yang terbakar, tapi kamu juga memperbaiki komposisi tubuh, termasuk meningkatkan tones otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini