Sukses

Mudik Lewat Jalur Darat Pakai Kendaraan Pribadi, Disarankan Istirahat Tiap 3-4 Jam

Bila mudik lewat jalur darat menggunakan kendaraan pribadi disarankan istirahat tiap 3-4 jam.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang sedang bersiap-siap mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi lewat jalur darat pastikan untuk beristirahat setiap 3-4 jam perjalanan. Saat beristirahat bisa digunakan untuk peregangan dan melakukan hal-hal lain seperti buang air kecil.

"Sebenarnya tidak ada pakem (harus berapa jam sekali berhenti) tapi untuk mencegah infeksi saluran kencing disarankan untuk tidak menahan buang air kecil, lalu jika badan pegal-pegal dan lelah butuh pereganganan bisa beristirahat per 3-4 jam di rest area," kata praktisi kesehatan masyarakat dokter Ngabila Salama.

Lalu, di beberapa jalur mudik juga sudah terlihat ada kemacetan. Jika dalam perjalanan mudik terjebak macet, Ngabila pun meningatkan agar untuk mengelolanya agar tidak menjadi stres.

"Jangan stres dengan kondisi kemacetan yang ada, karena stres bisa memicu kenaikan berat badan dan penurunan imunitas sehingga mudah terkena sakit baik penyakit menular dan tidak menular," kata Ngabila.

Jika Jarak Tempuh Jauh Lebih Baik Mudik Naik Transportasi Publik

Bagi Anda yang memiliki tujuan mudik jauh, tak disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Lebih baik pilih transportasi umum seperti pesawat atau kereta.

Memakai kendaraan umum untuk mudik juga tidak membuat lelah, karena pemudik lebih leluasa beristirahat seperti disampaikan dokter spesialis penyakit dalam dr. RA Adaninggar.

"Nanti kalau udah capek, bawaannya jadi marah-marah ya. Udah gitu kalau marah-marah bawaannya juga capek, pusing, ngantuk ya. Malah bahaya kan kalau misalnya nyetir dalam kondisi seperti itu misalnya," kata Nings dalam “Do & Don’t Biar Mudik Kamu Tetap Sehat” yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapkan Obat dan Bekal Sehat

Selain moda transportasi, persiapkan juga perbekalan yang cukup, seperti obat-obatan atau minuman agar tidak dehidrasi di jalanan.

Lalu, lakukan peregangan secara rutin karena duduk terlalu lama dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Ning juga mengatakan survei sebelum mudik perlu dilakukan guna memetakan fasilitas kesehatan terdekat apabila terjadi gangguan kesehatan.

"Makanya kan persiapan kesehatan itu sangat penting sebelum kita melakukan perjalanan jauh. Karena mungkin kadang-kadang orang itu gak punya penyakit apa-apa. Tetapi tiba-tiba karena capek, karena dehidrasi, karena apa, tiba-tiba di jalan bisa terjadi masalah kesehatan yang cukup berbahaya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini