Sukses

4 Arti Mimpi Hamil Menurut Islam, Tanda Bertambahnya Kekayaan

Arti Mimpi Hamil Menurut Islam, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pandangan Islam, mimpi hamil dapat memiliki beragam makna dan tafsiran yang tergantung pada konteks dan detail spesifik dalam mimpi tersebut.

Secara umum, mimpi hamil menurut Islam sering dianggp sebagai pertanda keberkahan, kelimpahan, dan karunia dari Allah SWT.

Namun, tafsiran mimpi hamil juga bisa bervariasi karena ternyata seorang pria dan anak kecil pun bisa bermimpi hamil.

Berikut beberapa interprestasi atau arti mimpi hamil menurut Islam, disampaikan Ibnu Syahin dalam kitab al-Isyarat Fi Ilmi al-Ibarat halaman 234, dikutip dari NU Online pada Senin, 22 April 2024.

  1. Bagi wanita, mimpi hamil menandakan bertambahnya kekayaan. Semakin besar perut dalam mimpi, semakin besar pula nikmat dan kekayaan yang akan diperoleh (Abu Said al-Wa'iz)
  2. Bagi pria, mimpi hamil bisa menjadi pertanda kesedihan, tapi juga bisa menandakan keinginan untuk mendapatkan sesuatu dari dunia (Abu Said al-Wa'iz)
  3. Jika anak laki-laki yang belum baligh bermimpi hamil, ditafsirkan berkaitan dengan ayahnya. Jika anak perempuan yang belum baligh bermimpi hamil, ditafsirkan berkaitan dengan ibunya.
  4. Mimpi seorang pria melihat istrinya hamil menandakan keinginannya untuk mendapatkan sesuatu dari dunia (Al-Kirmani)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Mimpi Hamil Secara Umum

Secara umum, mimpi hamil dianggap baik bagi pria maupun wanita dalam situasi apa pun. Mimpi melihat hewan hamil juga dianggap sebagai pertanda kebaikan dan manfaat, terutama jika hewan tersebut disukai.

رؤيا الحمل هُوَ على أوجه كثيرة: قَالَ أَبُو سعيد الْوَاعِظ: رُؤْيا الْحمل للْمَرْأَة هو زِيَادَة مَال وللرجل حزن يقبل وَقيل: رُؤْيا الْحمل دَلِيل على النِّعْمَة وَمَال الدُّنْيَا بِقدر كبر جوفها سَوَاء كَانَ الرَّائِي رجلا أَو امْرَأَة وَإِن رأى الصَّبِي الَّذِي دون الْبلُوغ أَنه حَامِل يؤول بوالده وَإِن رَأَتْ الصبية ذَلِك يؤول على والدتها (وَقَالَ الْكرْمَانِي): من رأى أَنه صَار حَامِلا فَإِنَّهُ زِيَادَة فِي مَاله (وَمن رأى) أَن امْرَأَته حَامِل فَإِنَّهُ يَرْجُو شَيْئا من عرض الدُّنْيَا وَالْحمل صَالح للرِّجَال وَالنِّسَاء على كل حَال (وَمن رأى) أَن شَيْئا وَمن الْحَيَوَان حَامِل فَهُوَ خير وَمَنْفَعَة خُصُوصا إِن كَانَ نَوعه محبوبا

Artinya: Mimpi hamil memiliki banyak arti, tergantung pada siapa yang mengalaminya dan detail mimpinya. Menurut Abu Said al-Wa'iz: Bagi wanita, mimpi hamil menandakan bertambahnya kekayaan. Sedangkan bagi pria, mimpi hamil menandakan kesedihan yang akan datang.

Sementara itu, ada pendapat lain bahwa mimpi hamil umumnya melambangkan nikmat dan kekayaan duniawi.

Semakin besar perut dalam mimpi, semakin besar pula nikmat dan kekayaan yang akan diperoleh. Baik pria maupun wanita dapat mengalami mimpi hamil dengan interpretasi yang sama.

3 dari 3 halaman

Interprestasi Lain tentang Mimpi Hamil

Menurut Ibnu Syahin dalam al-Isyarat Fi Ilmi al-'Ibarat, mimpi hamil pada umumnya dianggap baik bagi pria maupun wanita, dalam situasi apa pun. Mimpi melihat hewan hamil juga dianggap sebagai pertanda kebaikan dan manfaat, terutama jika hewan tersebut disukai.

Di sisi lain, menurut Ibnu Ghanam al-Muqaddasi dalam Ta'biril Ahlam, bagi laki-laki, mimpi hamil menandakan kesedihan dan kekhawatiran yang tersembunyi dari orang lain, sering kali terkait dengan beban pekerjaan, masalah keluarga, atau kekhawatiran akan masa depan.

Sementara bagi perempuan, mimpi hamil menandakan ketekunan dalam mengurus rumah tangga dan potensi mendapatkan kehormatan serta pujian sebagai hasil dari kerja kerasnya.

Bagi perempuan tua, mimpi hamil menandakan akan datangnya rezeki yang melimpah.

Namun, ada yang menafsirkan mimpi tersebut sebagai pertanda fitnah, karena kehamilan pada perempuan tua dianggap tidak biasa dan bisa menjadi sumber fitnah.

Sementara itu, bagi perempuan yang tidak bersuami atau gadis, mimpi hamil menandakan akan datangnya pernikahan, karena kehamilan tidak mungkin terjadi tanpa adanya keterlibatan seorang laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.