Sukses

5 Manfaat Pakai Sunscreen Setiap Hari bagi Pria, Jangan Takut Dianggap Belok

Sering Dianggap Tidak Maskulin, 5 Manfaat Sunscreen Ini Bisa Buat Pria Makin Ganteng

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan sunscreen bukan hanya kebutuhan wanita, tapi juga penting bagi pria. Sayangnya, kebiasaan baik ini terbentur oleh stigma yang terbentuk di masyarakat.

Penggunaan sunscreen masih sering diidentikkan dengan kebiasaan yang hanya dilakukan oleh wanita atau dianggap sebagai sesuatu yang 'kurang maskulin'.

Namun, anggapan ini tidak hanya salah, tapi juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Penting untuk memahami bahwa melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah kebutuhan semua orang, tanpa memandang gender.

Oleh sebab itu, melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah langkah krusial untuk menjaga kesehatan kulit jangka panjang.

Menggunakan sunscreen adalah langkah sederhana tapi sangat efektif guna menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Pria yang peduli dengan kesehata kulit mereka sebaiknya memasukkan sunscreen dalam rutinitas perawatan hariannya, dan mengabaikan anggapan bahwa pria yang pakai sunscreen adalah belok.

Berikut adalah beberapa manfaat pakai sunscreen bagi pria seperti dikutip dari sejumlah sumber pada Jumat, 17 Mei 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pakai Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit

Salah satu manfaat penggunaan sunscreen adalah melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari adalah salah satu penyebab utama kanker kulit, seperti dikutip dari Health Cleveland Clinic.

Pria, terutama yang sering beraktivitas di luar ruangan, sangat rentan terhadap paparan ini. Dengan rutin menggunakan sunscreen, pria dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit seperti melanoma dan karsinoma sel basal.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Pakai Sunscreen Cegah Penuaan Dini

Sinar UV tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga mempercepat proses penuaan kulit. Pria yang rutin menggunakan sunscreen dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus, dan bintik hitam. Dengan melindungi kulit dari sinar matahari, kulit akan terlihat lebih sehat, kencang, dan awet muda.

 

4 dari 6 halaman

3. Sunscreen Cegah Terjadinya Sunburn dan Iritasi Kulit

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terbakar atau sunburn, yang ditandai dengan kemerahan, rasa panas, dan kadang-kadang pembengkakan, seperti dikutip dari Purpple. 

Sunscreen membantu melindungi kulit dari sunburn dan iritasi akibat paparan sinar UV. Ini sangat penting bagi pria yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti olahraga atau bekerja di lapangan.

 

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Penggunaan sunscreen membantu menjaga kesehatan kulit dengan melindungi lapisan kulit dari kerusakan. Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, yang merupakan protein penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Dengan melindungi kulit dari kerusakan, sunscreen membantu menjaga kulit tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

 

6 dari 6 halaman

5. Rutin Pakai Sunscreen Cegah Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana sebagian kulit menjadi lebih gelap akibat produksi melanin yang berlebihan, sering kali disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pria yang menggunakan sunscreen secara rutin dapat mencegah munculnya bercak-bercak gelap dan perubahan warna kulit yang tidak merata. Ini tidak hanya meningkatkan penampilan kulit tetapi juga memberikan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.