Sukses

5 Faktor yang Bikin Pneumonia Jadi Penyakit Paling Banyak Diidap Jemaah Haji

Pneumonia menjadi salah satu penyakit terbanyak yang diidap jemaah haji Indonesia. Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah Nurul Jamal mengatakan bahwa pneumonia merupakan penyakit terbanyak yang diidap jemaah haji saat ini.

"Saat ini masih ada tiga kasus yang terbanyak, yaitu pneumonia, penyakit jantung dan diabetes," kata Jamal di Makkah mengutip Antara.

Terkait banyak ditemukannya kasus pneumonia pada jemaah haji 2024, dokter yang juga pernah menjadi tenaga kesehatan haji 2008 dan 2010 Dicky Budiman mengatakan bahwa ada sejumlah faktor yang membuat jemaah haji rentan terkena pneumonia.

1. Penyebab Mudah Menular

Pneumonia adalah peradangan paru akibat infeksi akibat virus, bakteri, jamur atau hal lainnya. Kepadatan jemaah haji mempercepat penularan penyebab pneumonia di sana.

2. Jemaah Haji Lansia Rentan Terinfeksi

Kebanyakan jemaah haji asal Indonesia berusia lanjut yang juga disertai dengan penyakit penyerta. "Kondisi fisik ini membuat lebih rentan terhadap infeksi," kata Dicky dalam pesan suara yang diterima Liputan6.com.

3. Pernah Terinfeksi Penyakit Saluran Napas

"Kondisi tubuh dari jemaah haji yang sudah pernah terinfeksi penyakit saluran napas seperti COVID-19 mempermudah terinfeksi penyakit lain karena sudah ada gangguan sistem pertahanan tubuh," tutur Dicky.

4. Lingkungan yang Padat dan Panas

Di Tanah Suci saat ini jadi 'rumah' bagi jutaan orang dari berbagai negara dengan latar belakang kondisi kesehatan. Situasi yang padat, panas dan kadang tidak higienis menciptakan kondisi ideal bagi penyebaran patogen pneumonia.

5. Kelelahan

Aktivitas fisik yang berat membuat daya tahan tubuh jadi menurun. Maka ketika ada kuman atau virus masuk tubuh tidak mampu melawannya dan menjadi sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencegahan

Guna mencegah pneumonia saat menjalankan ibadah haji, hal yang penting dilakukan adalah vaksinasi. Jadi, bukan cuma vaksin COVID-19 dan meningitis, tapi Dicky menilai melakukan suntikan vaksin pneumonia dan flu penting juga.

Bagi yang sudah di Tanah Suci lakukan hal berikut untuk mencegah sakit pneumonia dan penyakit lainnya:

- Jaga Kebersihan Diri

Bagi jemaah haji yang sudah sampai di Tanah Suci, penting untuk selalu menerapkan kebersihan. Mulai dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai hand sanitizer, mencegah tangan memegang area wajah.

 

- Pakai Masker

Saat berada di kerumunan dan ruangan tertutup, Dicky menyarankan untuk memakai masker. Hal ini mampu mengurangi penularan penyakit yang menular lewat udara.

 

3 dari 3 halaman

Cukup Minum

- Hidrasi Cukup

Pastikan sebelum haus sudah minum agar tubuh mendapatkan cairan yang cukup

- Istirahat Cukup

"Pastikan tubih beristirahat supaya sistem kekebalan tubuh optimal. Pilih kegiatan yang penting-penting saja, supaya tubuh siap melakukan ibadah penting haji," kata Dicky.

- Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Makan Makanan Bergizi

- Hindari Kontak dengan Orang Sakit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.