Sukses

Perut Kembung Bikin Tidak Nyaman, Daftar Makanan Ini Bisa Bantu Atasi Begah

Ada sejumlah pola makan sederhana yang dapat membantu menghilangkan rasa perut kembung yang bikin tidak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Linda Lee, MD, MBA, wakil ketua operasi rawat jalan dan direktur gastroenterologi di Maimonides Medical Center di Brooklyn, NY, kembung adalah kondisi di mana perut terasa penuh dan kencang, sering kali disebabkan oleh gas.

Rasa kembung karena berlebihan gas, atau rasa tidak nyaman di perut bisa juga disebabkan oleh intoleransi makanan atau masalah kesehatan lainnya.

Namun, kemungkinan besar Anda juga mengalami beberapa gejala kembung biasa yang disebabkan oleh satu atau kombinasi pemicu umum seperti stres, terlalu banyak duduk dan minum alkohol.

Kembung memang tidak nyaman dan menjengkelkan, jadi tidak mengherankan banyak orang mencari solusi untuk mengatasinya. Kabar baiknya, ada sejumlah pola makan sederhana yang dapat membantu menghilangkan rasa kembung.

Melansir dari Real Simple pada Senin, 3 Juni 2024, berikut ini lima makanan untuk membantu mengatasi kembung, dan mencegahnya datang kembali.

1. Blueberry

Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kembung dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Kandungan nutrisi dalam blueberry menjadikannya pilihan yang sempurna untuk mendukung kesehatan usus.

Blueberry adalah buah dengan kombinasi yang baik antara air dan serat, dimana keduanya berperan penting dalam kesehatan usus.

"Blueberry mengandung sekitar 85 hingga 95 persen air dan mengandung sekitar 4 gram serat yang larut dalam air per 1 cangkir porsinya," kata pakar nutrisi Maya Feller, MS, RD, CDN dari Maya Feller Nutrition yang berbasis di Brooklyn.

Serat yang larut dalam air ini menarik air dan membantu memperlancar buang air besar dengan membuang kelebihan air.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Seledri

Menurut Feller, seledri mengandung 95 persen air, menjadikannya salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk hidrasi tubuh.

Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat tidak larut yang sangat baik, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi kembung.

Air dalam seledri membantu melunakkan tinja, memudahkan proses buang air besar, dan mencegah sembelit. Hidrasi yang baik juga membantu mengurangi retensi air dalam tubuh, yang sering menjadi penyebab kembung.

3. Jahe

Jahe memiliki efek karminatif, yang berarti dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi pembentukan gas yang menyebabkan kembung.

Selain itu, jahe telah terbukti mempercepat proses pencernaan, yang membantu mencegah makanan berfermentasi di usus dan menghasilkan gas.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Sayur Adas

Adas merupakan tanaman yang kerap dimanfaatkan daun dan bijinya. Menurut Feller, sayuran herba ini membantu mempercepat pencernaan dan meningkatkan sekresi enzim yang terlibat dalam penguraian makanan.

"Meningkatkan laju pencernaan bisa berpotensi mengurangi rasa kembung," jelasnya. Studi juga menunjukkan bahwa adas berpotensi bertindak sebagai probiotik, yang membantu pencernaan dengan meredakan gas dan kembung.

5. Parsley

Parsley adalah bahan alami yang bisa membantu mengurangi kembung dan rasa terlalu penuh karena air berlebih dalam tubuh. Ini karena parsley memiliki sifat diuretik, yang membantu tubuh membuang kelebihan cairan.

Selain itu, parsley juga dapat membantu mengurangi pembentukan gas dalam perut. Cobalah resep labu yang segar dengan tambahan daun bawang, cabai, dan parsley untuk memperkaya cita rasa dan manfaat kesehatannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini