Sukses

Hari Peduli Sedunia 7 Juni 2024, Waktunya Sebarkan Kepedulian pada Sesama

Peringati Hari Peduli Sedunia 7 Juni 2024, Berikut Sejarahnya dan Mari Tunjukkan Kepedulian Kita Kepada Sesama

Liputan6.com, Jakarta - Hari Peduli Sedunia, dikenal juga sebagai World Caring Day, diperingati setiap 7 Juni. Ini adalah momen global yang dirayakan untuk menghargai hubungan pribadi dan dampak positif dukungan sosial bagi individu yang menghadapi tantangan kesehatan serta orang-orang yang merawat mereka.

Menurut CaringBridge, perayaan Hari Peduli Sedunia 7 Juni ini mengingatkan kita akan pentingnya dukungan sosial dalam menghadapi cobaan kesehatan.

Lebih lanjut, Hari Peduli Sedunia adalah kesempatan untuk berbagi kisah kepedulian kita, baik sebagai pemberi maupun penerima, serta untuk menghormati dan merayakan hubungan peduli yang telah terjalin.

Dalam konteks Hari Peduli Sedunia 7 Juni, kita diajak untuk mempraktikkan kepedulian secara nyata. Inisiatif ini, yang digaungkan oleh organisasi nirlaba CaringBridge, mengajak kita untuk mengapresiasi para pemberi dukungan dan juga untuk peduli terhadap sesama.

Dikutip dari National Today, bertanya dengan tulus tentang kesejahteraan seseorang adalah bentuk nyata dari kepedulian. Di era yang penuh persaingan seperti sekarang, memiliki seseorang yang sungguh-sungguh peduli merupakan anugerah yang luar biasa. Jadi, sudah melakukan apa di Hari Peduli Sedunia 2024 ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggal 7 Juni Memperingati Hari Apa?

Tanggal 7 Juni memperingati Hari Peduli Sedunia (World Caring Day). Di hari ini, semua orang didorong untuk peduli terhadap sesama.

Semua tindakan kepedulian, besar atau kecil, adalah penting. Namun, pada saat terjadi pergolakan, kepedulian menjadi hal yang paling penting.

Misalnya, ketika seseorang menghadapi masalah kesehatan atau kondisi medis tertentu, saat itulah dukungan dan perhatian benar-benar dapat membuat perbedaan.

Orang tersayang harus tahu bahwa mereka tidak sendirian dalam perjalanan ini.

3 dari 4 halaman

Sejarah Hari Peduli Sedunia

Hari Peduli Sedunia terinspirasi dari sebuah peristiwa pada 1997, ini berkaitan dengan sembilan hari kehidupan seorang bayi bernama Brighid.

Brighid lahir prematur dan insinyur perangkat lunak Sona Mehring menyadari bahwa harus ada cara yang lebih baik untuk terus memberikan informasi terbaru kepada teman dan keluarga tentang kesehatan bayi tersebut.

Ia pun meluncurkan situs CaringBridge pertama pada 7 Juni 1997 dengan tujuan menghimpun kepedulian untuk menyelamatkan bayi Brighid.

Dengan adanya kepedulian dari teman dan keluarga untuk berkoordinasi secara online, hal ini memungkinkan mereka untuk menyediakan kebutuhan dan kenyamanan bagi Brighid dan keluarganya.

Hal ini cukup revolusioner, mengingat belum ada platform media sosial terkemuka saat itu.

4 dari 4 halaman

Hari Peduli Sedunia 7 Juni 2024, Ajak Orang Lain Ikut Peduli

Tindakan kepedulian yang sederhana ini memicu efek domino, yang menghasilkan jaringan global bernama CaringBridge. Sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menghubungkan keluarga dan teman dengan orang yang mereka cintai selama perjalanan kesehatan. Dan membantu mereka memberikan perawatan, kenyamanan, dan dukungan yang tiada henti.

Pada 2021, diperkirakan 45 juta orang dari seluruh dunia mengunjungi CaringBridge, dengan 1.900 pesan harapan, kepedulian, dan cinta diunggah setiap jam di portal CaringBridge untuk orang-orang terkasih.

Pada 2022, ide untuk merayakan Hari Peduli Sedunia yang pertama kali digagas oleh CaringBridge. Setiap orang diundang untuk menginspirasi orang lain melalui kisah-kisah harapan dan kepedulian.

Serta untuk mengakui, berterima kasih, dan merayakan mereka yang telah bekerja ekstra untuk menunjukkan bahwa mereka peduli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.