Sukses

Mengobati Gondongan pada Anak dengan Blau, Dokter: Itu Cuma Mitos

Kemungkinan pada zaman dulu blau dioleskan pada anak yang gondongan untuk memberikan rasa nyaman pada nyeri gondongan.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis anak Fitria Mahrunnisa mengatakan bahwa pemakaian blau atau sabun untuk mencuci baju tidak bisa mengobati gondongan yang terjadi pada anak.

“Hanya mitos," kata Fitria.

"Pemakaian blau tidak bisa mengurangi bengkak gondongan atau menyembuhkan mumps,” kata Fitria.

Kemungkinan, kata Fitria, pada zaman dulu blau dioleskan pada anak yang gondongan seperti kompres dingin yang memberikan rasa nyaman pada nyeri gondongan seperti mengutip Antara.

Pengobatan Gondongan

Gondongan atau mumps adalah penyakit yang menyerang kelenjar air liur yang disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus. Penyakit ini tidak memiliki pengobatan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).

Sehingga pengobatan yang tepat adalah meringankan gejala serta mencegah risiko komplikasi dengan terapi obat demam serta memberi analgetik atau parasetamol untuk mengurangi nyeri dan demam pada anak.

“Anak juga perlu istirahat yang cukup, konsumsi air putih yang cukup serta mengonsumsi makanan yang lunak dan mengandung banyak air seperti sup, buah, kentang tumbuk, bubur agar mudah dikunyah,” katanya.

Selain itu, Fitria meminta pasien gondongan menghindari mengonsumsi makanan yang merangsang air liur seperti makanan pedas dan asam.

Untuk mengurangi nyeri, dapat dikompres air dingin sekitar 10-20 menit pada area yang bengkak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Anak Gondongan

Berikut gejala anak kena gondongan:

  • Pembengkakan dan nyeri di area pipi-rahang hingga sulit membuka mulut
  • Demam
  • Lesu
  • Kehilangan nafsu maka
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Gejala lain mirip flu

 

3 dari 3 halaman

Bisa Tidak Gondongan Dicegah?

Pencegahan terbaik adalah melakukan imunisasi gondongan yang dapat diberikan sejak usia 12 bulan. Imunisasi dengan vaksin MMR mampu melindungi anak dari measles, mumps (gondongan) dan rubella. Manfaat dari pemberian imunisasi adalah mengurangi komplikasi dan sakit lebih berat.

“Selain itu pencegahan yang dapat dilakukan adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi, menjaga higienitas dengan mencuci tangan dan menghindari kontak dengan anak sakit serta istirahat yang cukup,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini