Sukses

Artis K-Pop yang Berani Suarakan Dukungan untuk Anak-Anak di Gaza, Suho EXO hingga Ryeowook Super Junior

Ryeowook Super Junior mengunggah tentang kondisi memprihatinkan di Gaza.

Liputan6.com, Jakarta Dalam salah satu unggahan akun di media sosial X, terdapat postingan Instagram dari Ryeowook Super Junior, yang mengunggah tentang kondisi memprihatinkan di Gaza, Palestina.

Unggahan ini menarik perhatian banyak penggemar K-pop karena keberanian Ryeowook yang berbicara tentang isu sensitif, terutama di tengah kontroversi beberapa idola K-pop lainnya yang bekerja sama dengan produk-produk dari brand Israel.

Postingan Ryeowook tersebut diunggah pada 9 Juni 2024 dari acara Green Heart Bazaar, yang merupakan acara donasi untuk anak-anak di Gaza.

Green Heart Bazaar adalah acara tahunan yang diselenggarakan  oleh anggota SES yaitu Bada, Eugene, serta So Yoo Jin. Green Heart Bazaar yang ke-12 tahun ini, diselenggarakan untuk mendukung masyarakat di Gaza melalui 'Kampanye Bantuan Darurat Jalur Gaza UNICEF.'

Dalam acara ini, semua hasil penjualan akan disumbangkan untuk membantu anak-anak di Gaza, termasuk penyediaan nutrisi, air, sanitasi, dan kebutuhan lainnya.

Selain Ryeowook, artis K-pop lainnya seperti Kwon Eun Bi, Nayoung Gugudan, Dara 2NE1 (juga dikenal sebagai Sandara Park), Suho EXO, Shin Se Kyung, Chuu mantan anggota LOONA , Haha, Hyojung Oh My Girl, dan banyak lagi selebritis lainnya yang berpartisipasi dengan menyumbang pada pelelangan.

Dilansir dari laman Koreaboo pada Rabu, 19 Juni 2024, Sekretaris Jenderal Komite Korea untuk UNICEF, Jo Mi Jin, berterima kasih kepada SES Bada dan pihak lain atas dukungan mereka yang murah hati terhadap anak-anak di Gaza.

"Sumbangan kita yang dikumpulkan melalui bazar ini akan menjadi harapan besar bagi anak-anak Gaza," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggemar Apresiasi Artis K-pop yang Suarakan tentang Kondisi di Gaza

Mengingat situasi yang terjadi di Gaza, masyarakat terlihat semakin kritis terhadap selebritas dan influencer yang menolak untuk bersuara tentang kondisi di Palestina menggunakan platform besar mereka.

Kritik ini tampaknya sampai ke industri K-Pop. Banyak yang berpendapat bahwa artis-artis K-Pop, yang sekarang punya audiens global, seharusnya menggunakan pengaruh mereka untuk menyebarluaskan terkait situasi sulit seperti ini. 

Maka dari itu, artis K-pop seperti Ryeowook Super Juniorr, Suho EXO, anggota SES, dan artis lainnya yang berani menyuarakan tentang kondisi di Gaza mendapat banyak apresiasi dan dukungan dari penggemar.

"Artis2 yg partisipasi di sana emg keren bgt sih, 'terang2an' highlight ttg Gaza dan sbt gaza lalu di post di sns mrka kyk rwook dan Jun jg di sni," komentar salah satu akun.

3 dari 3 halaman

Suho EXO Juga Berpartisipasi dalam Green Heart Bazaar

Pada 30 April 2024, Suho EXO memposting video di media sosial yang mengumumkan partisipasinya dalam acara tahunan Green Heart Bazaar.

Di acara ini, Suho bersama anggota SES Bada, Eugene, dan So Yoo Jin, mereka mengumpulkan dana untuk 'Kampanye Bantuan Darurat Jalur Gaza UNICEF'.

Sementara beberapa selebriti Korea lainnya berkontribusi dengan menyumbangkan barang-barang pribadi mereka untuk lelang penggalangan dana, Suho mengunggah cerita yang berbicara langsung tentang anak-anak di Gaza.

Suho mendorong orang-orang untuk berdonasi pada acara ini, dan tindakan Suho dianggap sebagai contoh baik yang bisa diikuti oleh idola lainnya.

Meskipun beberapa orang merasa ini adalah "tindakan minimal" untuk bintang besar seperti Suho, mereka tetap berharap idola lain dengan status serupa akan mengikuti jejaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.