Sukses

Menkes Budi Gunadi Angkat Bicara Soal Video Viral 'Stetoskop Tidak Ilmiah'

Menkes Budi menyatakan bahwa stetoskop tetap diperlukan dan butuh ditunjang dengan pemeriksaan canggih lain untuk mengetahui seseorang terkena penyakit jantung atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin akhirnya angkat bicara setelah potongan video dirinya berbicara soal 'stetoskop tidak ilmiah' viral di media sosial X.

Video viral yang berdurasi beberapa detik itu menimbulkan isu bahwa pria yang karib disapa BGS itu seolah menyatakan 'penggunaan stetoskop oleh dokter jantung itu tidak ilmiah'.

Dalam pernyataan terbaru, Menkes Budi menyatakan bahwa stetoskop tetap diperlukan, tetapi butuh ditunjang dengan alat pemeriksaan canggih lain untuk mengetahui seseorang terkena penyakit jantung atau tidak.

"Maksud saya, stetoskop tetap diperlukan oleh dokter dong saat pemeriksaan. Namun, alangkah lebih baik ditunjang dengan pemeriksaan canggih lainnya seperti EKG/Echocardiography/CT-scan jantung bahkan Polygenic Testing," kata Budi pada Rabu, 19 Juni 2024 di akun Instagram terverifikasinya @bgsadikin.

Menkes: Teknologi Kedokteran Makin Maju

BGS mengatakan bahwa teknologi kedokteran semakin lama semakin maju. Dulu, untuk menentukan sakit jantung caranya dengan mendengarkan irama jantung melalui stetoskop saja, tapi seiring majunya teknologi banyak alat makin canggih.

"Dulu kalau orang menentukan sakit jantung atau enggak, pakai stetoskop tapi karena perkembangan ilmu sekarang sudah ada yang namanya EKG. Jadi, enggak hanya dengan stetoskop," kata Budi.

Lalu, lanjut Budi, pemeriksaan jantung makin canggih dengan menggunakan teknologi ultrasound bernama ekokardiografi (USG jantung) dan CT Scan.

"Maju lagi yang kaitannya sama dengan AI adalah diperiksa genetiknya dengan Polygenic Risk Score, kita bisa lihat apakah yang bersangkutan punya risiko serangan jantung," lanjut BGS saat ditanya oleh dokter spesialis jantung konsultan Vito Damay.

Dengan perkembangan teknologi di dunia kesehatan, maka tidak perlu lagi gamang dalam memanfaatkannya untuk membantu menegakkan diagnosis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stetoskop Tetap Ilmiah

Di kolom komentar salah satu dokter kembali menanyakan ke Menkes Budi soal stetoskop. "Berarti fix kalau stetoskop tetap ilmiah kan Pak?," tanya seorang dokter.

Budi mengatakan bahwa penggunaan stetoskop dalam pemeriksaan kesehatan tetap ilmiah.

"Tetap ilmiah dong dok. Itu kan saya (berbicara) dipotong 15 detik aja dari perbincangan saya sebagai sepaker di Google AI selama kurang lebih satu jam," kata Budi.

 

3 dari 4 halaman

Menkes BGS Sayangkan Video Dipotong Amat Pendek

BGS pun menyayangkan ada orang yang memotong diskusi panjang dirinya dalam acara Google tentang AI dalam bidang kesehatan di masa depan yang digelar pada awal Juni 2024 itu.

Dalam acara itu sebenarnya Budi sebagai speaker yang membicarakan soal AI di dunia kesehatan selama satu jam tapi dipotong menjadi 15 detik.

 

 

4 dari 4 halaman

Potongan Video Stetoskop Tidak Ilmiah yang Bikin Menkes Viral

Dalam video yang dipotong menjadi 37 detik yang beredar di media sosial X, Menkes Budi menggunakan bahasa Inggris yang mengungkap AI dalam dunia kesehatan.

Dalam video tersebut Budi sempat menyebut soal penggunaan stetoskop. 

"Previously doctors use stethoscope, I think you have a heart disease. I think this is very unscientific for me," terdengar begitu pernyataan Budi dalam acara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.