Sukses

6 Rempah dan Herbal yang Bantu Hempaskan Lemak Tubuh, Kunyit Masuk Daftar

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Cara yang Aman? Ini 6 Rempah-rempah dan herbal yang Bisa Bantu Hilangkan Lemak dalam Tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah dan terkadang orang-orang terjebak dalam pola diet yang ribet dan menyiksa. Selain menjalankan gaya hidup sehat dengan menjaga asupan makan dan berolahraga, bisa juga dengan memanfaatkan rempah-rempah serta bahan herbal.

Dilansir dari Parade (21/6/2024), Haylie Pomroy, seorang ahli nutrisi mengungkapkan manfaat rempah dan herbal dalam membantu menurunkan berat badan.

"Rempah dan herbal membantu tubuh Anda mencerna makanan yang Anda konsumsi, mengubah makronutrien seperti protein menjadi mikronutrien seperti asam amino," jelas Pomroy.

"Mikronutrien inilah yang membuat metabolisme bekerja."

Lebih lanjut, Pomroy menjelaskan bahwa rempah-rempah kaya akan fitonutrien yang memiliki efek enzim. Enzim ini tidak hanya membantu memecah makanan, tetapi juga membantu hormon mencapai situs reseptornya dalam tubuh, seperti insulin, testosteron, dan estrogen.

"Rempah-rempah benar-benar dapat membantu metabolisme hormon-hormon ini lebih efektif," ujar Pomroy.

Manfaat rempah-rempah tak berhenti di situ. Fitonutrien dalam rempah-rempah juga memiliki efek anti-inflamasi dan membantu menargetkan lapisan luar serat sel lemak, sehingga membantu proses pembakaran lemak.

Berikut enam rempah dan herbal yang bisa membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.

1. Kunyit

Pomproy mengatakan kunyit bisa membantu menghilangkan lemak tubuh.

"Ketika tubuh Anda dalam keadaan meradang, hal itu dapat meningkatkan resistensi insulin, yang pada akhirnya membuat lemak membandel menumpuk di tubuh," jelas Pomroy.

"Kunyit bekerja dengan meningkatkan aliran darah, dan seperti yang kita ketahui, sel-sel lemak memiliki aliran darah yang buruk. Nutrisi dibutuhkan untuk memecah sel-sel lemak, dan kunyit membantu nutrisi tersebut mencapai sel-sel dengan meningkatkan aliran darah."

Kandungan utama kunyit adalah kurkumin, senyawa alami yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Penelitian pada tahun 2018, menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jahe

Jahe, rempah yang terkenal dengan khasiatnya dalam meredakan peradangan dan nyeri, ternyata juga memiliki manfaat penting untuk membantu menurunkan berat badan, terutama bagi wanita. Hal ini diungkapkan oleh Lisa Richards, seorang ahli gizi.

Menurut Richards, jahe memiliki potensi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar kalori lebih banyak dan memicu proses penurunan berat badan.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah meta-analisis di tahun 2019 yang menunjukkan bahwa jahe dapat secara signifikan mempengaruhi lemak tubuh dan berat badan.

3 dari 6 halaman

3. Kayu Manis

Kayu manis, selain dikenal sebagai bumbu lezat dalam berbagai hidangan dan minuman, ternyata juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan jantung dan pembakaran lemak. Hal ini diungkapkan oleh Lauren Grey, seorang ahli gizi klinis dan kontributor kesehatan.

"Kayu manis mengandung antioksidan yang membantu mengatur kadar trigliserida dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung," jelas Grey.

"Kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya dan sebaiknya ditambahkan ke dalam makanan dan minuman secara teratur. Idealnya, Anda harus memasukkannya ke dalam makanan untuk membantu mempercepat pembakaran lemak."

Manfaat kayu manis dalam membantu menurunkan berat badan pun dibuktikan oleh sebuah studi di tahun 2022. Studi tersebut menemukan bahwa suplemen kayu manis dapat secara signifikan menurunkan BMI dan berat badan.

4 dari 6 halaman

4. Cabai

Capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai, ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Hal ini diungkapkan oleh Heather Hanks, MS, CAM, Ahli Gizi dan Penasihat Medis.

"Capsaicin terbukti dapat meningkatkan metabolisme melalui proses termogenesis," jelas Hanks.

"Termogenesis pada dasarnya memanaskan metabolisme Anda, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori."

Manfaat capsaicin dalam membantu menurunkan berat badan pun dibuktikan oleh sebuah tinjauan di tahun 2023. Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa capsaicin dapat memberikan efek yang cukup signifikan pada penurunan berat badan.

5 dari 6 halaman

5. Ginseng

Mikrobioma usus yang sehat memiliki peran penting dalam membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ginseng memiliki sifat anti-obesitas karena kemampuannya untuk mengubah komposisi mikrobiota usus, seperti yang dijelaskan oleh Heather Hanks.

Penelitian terbaru yang diterbitkan pada tahun 2021 di Pharmacological Research - Modern Chinese Medicine menunjukkan bahwa semakin banyak penelitian yang menunjukkan potensi ginseng dalam membantu mengatasi obesitas.

6 dari 6 halaman

6. Daun Mint

Mint bukan hanya penyegar napas yang menyegarkan, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa sebagai penambah energi alami yang dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Siamak Tabib, MD, seorang asisten profesor klinis kedokteran di UCLA Gastroenterology and Hepatology.

"Mint terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, dan mengurangi rasa kelelahan," jelas Dr. Tabib.

"Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat, yang merupakan kunci utama untuk menurunkan berat badan."

Lebih lanjut, Dr. Tabib menjelaskan bahwa mint memiliki sifat penyegar dan antispasmodik, menjadikannya pereda nyeri alami yang efektif dan relaksan otot.

Minyak mint bahkan dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala tegang. "Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa mint adalah penekan nafsu makan yang efektif" tambah Dr. Tabib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini