Sukses

Nggak Boleh Dihiraukan Begitu Saja, Ini 7 Penyebab Kulit Tangan Kering dan Gampang Terkelupas

Beberapa gejala berikut ini sebaiknya nggak disepelekan karena bisa menjadi tanda masalah kulit yang serius.

Liputan6.com, Jakarta Pasti rasanya nyebelin banget kalau punya kulit tangan yang kering dan teksturnya kasar. Selain bikin nggak nyaman, kondisi ini juga bahaya bagi kesehatan kulit kalau dibiarkan begitu saja. Kulit tangan yang kering juga berpotensi membuat kondisinya berubah jadi kemerahan, bersisik, dan mengelupas. Kalau dihadapkan dengan kondisi tersebut, nggak jarang kamu jadi penasaran, apa sih yang menyebabkan kulit tangan jadi kering dan gampang mengelupas?

Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut 7 hal yang dapat menyebabkan kulit tangan jadi kering dan gampang terkelupas. Selain bikin kamu jadi lebih waspada, faktor-faktor di bawah ini juga perlu diperhatikan karena dapat menjadi pertanda masalah kulit yang lebih serius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Alergi

Siapa sangka kalau alergi bisa jadi salah satu penyebab kulit tangan yang kering dan mengelupas? Dilansir dari Halodoc, beberapa jenis alergi, termasuk dermatitis kontak, akan melibatkan reaksi alergi langsung di kulit. Saat kamu secara langsung menyentuh sumber alergi, maka dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada lapisan kulit. Hal ini tentu dapat mengganggu kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan alaminya. Jika hal tersebut terjadi, akan muncul ruam merah pada kulit yang menyebabkan gatal, melepuh, dan akhirnya mengelupas.

2. Kekurangan Vitamin

Vitamin memang punya peran penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, untuk mendapatkan kulit yang sehat, diperlukan asupan vitamin yang cukup, lho! Nah, seperti yang tertulis di laman Alodokter, kulit butuh beberapa asupan vitamin B3 dan B7 yang bisa bikin kamu terhindar dari palm rash alias rusaknya telapak tangan. Kalau asupan vitamin B belum tercukupi, maka kemungkinan besar akan mengalami masalah-masalah yang cukup mengganggu kenyamanan, seperti kulit mengelupas, kering, atau bahkan bersisik.

3 dari 5 halaman

3. Sunburn

Salah satu efek terbesar dari sunburn adalah membuat kulit jadi lebih gelap dan kusam. Namun, tahu nggak kalau sunburn juga bisa membuat telapak tangan jadi kering dan mengelupas? Terlebih bagi orang yang tinggal di Indonesia, pasti sudah cukup familiar dengan cuaca yang panas, gersang, dan indeks UV tinggi yang dapat merusak sel-sel kulit.

Dilansir dari Alodokter, ketika mengalami sunburn, sistem imun akan mengeluarkan reaksinya untuk menghancurkan sel-sel kulit yang rusak. Nah, proses inilah yang bikin kulit tangan jadi memerah, mengering, dan parahnya lagi jadi terkelupas. Tapi perlu diingat bahwa sunburn nggak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, tetapi juga penggunaan lampu UV yang terlalu sering, tanning bed, dan Nail Art Manicure UV.

4 dari 5 halaman

4. Psoriasis

Siapa yang pernah mendengar istilah ganti kulit? Yap, kondisi ini memang wajar dialami oleh manusia. Dilansir dari alodokter, kondisi pergantian sel kulit dikenal dengan istilah medis ‘psoriasis’. Proses ini umumnya membutuhkan waktu 1 bulan. Namun, bagi sebagian orang, proses tersebut bisa terjadi lebih cepat, yakni dalam hitungan 3–4 hari. Nah, kondisi inilah yang perlu diwaspadai. Sebab, pergantian sel-sel kulit yang terlalu cepat dapat menyebabkan kulit di area tangan jadi rentan untuk mengelupas.

5. Penyakit Kawasaki

Melansir Alodokter, penyakit kawasaki merupakan salah satu penyakit yang menyerang pembuluh darah sehingga menyebabkan peradangan yang hebat. Kondisi ini bisa diidentifikasi dengan munculnya ruam merah di kulit, termasuk  di area tangan yang kemudian menyebabkan rasa gatal, kering, dan mengelupas. Umumnya, penyakit ini banyak menyerang balita Namun, sebagai orang dewasa, kamu juga perlu berhati-hati karena kondisi ini juga bisa menyerang orang dengan imun yang lemah.

5 dari 5 halaman

6. Terlalu Sering Mencuci Tangan

Cuci tangan dengan air dan sabun secara rutin memang dianjurkan untuk menjaga kebersihan. Namun, kalau terlalu sering justru dapat menghilangkan sebum dan kelembapan alami yang ada pada kulit. Dilansir dari Alodokter, kondisi tersebut sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kulit jadi gampang kering dan terkelupas. Jadi, pastikan untuk mencuci tangan sewajarnya saja.

7. Sensitif dengan Zat Kimia Tertentu

Produk-produk rumah tangga yang biasanya sering nangkring di dapur juga bisa menyebabkan kulit tangan jadi kering dan mengelupas, lho! Hal ini terjadi karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Ada  beberapa orang yang mungkin cukup kuat dengan zat kimia tersebut. Namun, nggak jarang ada orang yang punya kulit sensitif dan nggak bisa menolerir hal-hal seperti itu.

Dilansir dari Halodoc, orang dengan kulit yang sensitif cenderung berisiko untuk mengalami iritasi, sehingga kulit tangan jadi lebih kering dan mengelupas. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang sering menggunakan detergen, bahan pelarut, sampai sabun cuci piring, sudah pasti harus berhati-hati dengan bahan kimia di dalamnya.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menghindari kontak langsung dengan sumber iritasi. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk detergen dan sabun cuci piring dengan kandungan yang lebih aman dan nggak menimbulkan bahaya bagi kulit tangan.

So, itu dia 7 hal yang dapat menyebabkan kulit tangan jadi kering dan gampang terkelupas. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan menerapkan healthy lifestyle, kamu juga perlu selektif dalam memilih produk sabun cuci piring. Pastikan untuk menghindari bahan atau kandungan yang harsh sehingga nggak menyebabkan masalah kulit yang cukup serius.

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini