Sukses

Sunny Kids Hadirkan Pusat Terapi Outdoor Pertama di Indonesia bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Sunny Kids menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan dengan menggabungkan konsep terapi sensori integrasi di alam terbuka di mana anak-anak dapat belajar dan berkembang dengan maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Mengambil langkah inovatif, Sunny Kids meresmikan Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Outdoor pertama di Indonesia. Berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tempat yang diresmikan pada Sabtu, 22 Juni 2024 ini menjadi harapan baru bagi anak-anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD) dan anak berkebutuhan khusus lain.

Sunny Kids menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan dengan menggabungkan konsep terapi sensori integrasi di alam terbuka di mana anak-anak dapat belajar dan berkembang dengan maksimal.

ASD atau Gangguan Spektrum Autisme adalah suatu kondisi yang membuat penyandangnya kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Anak-anak dengan ASD memerlukan perhatian dan pendekatan khusus guna membantu mereka bertumbuh dan berkembang menjadi lebih mandiri. Oleh karenanya, orangtua perlu memahami cara pendampingan yang tepat agar dapat mendukung perkembangan mereka.

Direktur Utama Sunny Kids Andy M. Saladin mengatakan bangga dapat menjadi pelopor pusat terapi dengan metode terapi luar ruang. Menurutnya, hal tersebut juga dapat menjadi upaya mengurangi ketergantungan anak terhadap gawai.

"Kami sangat bangga menjadi Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang yang menggunakan metode luar ruang atau outdoor yang pertama di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan di luar ruang maka begitu banyak hal yang didapatkan. Mulai dari mengurangi waktu bermain dengan gadget, lebih berkeringat karena dilakukan di outdoor dan anak pun merasa seperti bermain padahal sebenarnya sedang melakukan terapi,” kata Andy melalui keterangan tertulis. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapi Sensori Integrasi

Banyak anak dengan autisme, kata Andy, mengalami sensitivitas terhadap rangsangan sensorik. Terapi sensori integrasi dapat membantu anak-anak tersebut belajar mengatasinya.

"Mereka mungkin merasa terganggu oleh suara keras, cahaya terang, atau tekstur tertentu. Terapi sensori integrasi dapat membantu anak-anak ini untuk belajar mengatasi dan mengurangi sensitivitas berlebihan mereka melalui rangsangan sensorik yang menantang. Dengan melakukan terapi yang konsisten, anak dapat menjadi lebih toleran terhadap rangsangan yang sebelumnya mengganggu," imbuh Andy.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa terapi sensori integrasi memiliki dampak positif pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD). Salah satu studi yang diterbitkan di Journal of Autism and Developmental Disorders melaporkan peningkatan signifikan dalam pemrosesan sensorik, interaksi sosial, dan perilaku adaptif pada anak-anak dengan ASD yang menjalani terapi sensori integrasi. Terapi ini membantu meningkatkan keterampilan fungsional sehari-hari​ (Nature)​​ (Autism Speaks)​.

 

3 dari 3 halaman

Terapkan Pendekatan Inovatif dan Holistik

Dalam praktiknya, Sunny Kids menggunakan pendekatan inovatif untuk tumbuh kembang yang holistik, mulai dari Terapi Sensori Integrasi, Terapi Wicara, hingga Terapi Perilaku.

Terapi Sensori Integrasi membantu anak-anak dalam mengatur dan merespons sensasi dengan lebih baik, sementara Terapi Wicara fokus pada pengembangan kemampuan berbicaral pada anak dan Terapi Perilaku bertujuan agar anak dapat mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasinya.

Direktur Operasional Sunny Kids Christina Onasis menambahkan, tim terapis bersertifikat pusat terapi dan tumbuh kembang tersebut turut mendukung ruang yang aman dan inklusif.

"Dengan tim terapis bersertifikat dan berpengalaman serta staf yang berdedikasi untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif, Sunny Kids berkomitmen untuk mendampingi anak-anak mencapai potensi penuh mereka dan memberikan momen-momen kebahagiaan bersama keluarga.”

Selain berlokasi di Cempaka Putih yang merupakan kantor pusat, Sunny Kids pun telah beroperasi di beberapa tempat seperti Bogor, Depok, Tangerang (Bintaro dan Alam Sutera), Cibubur, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, serta Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.